Telkomsel antisipasi lonjakan trafik data di tengah PPKM Darurat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak Sabtu, 3 Juli kemarin tepat diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali berlaku hingga Selasa 20 Juli 2021. Kebijakan tersebut diambil sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 yang kian meningkat.


Dengan demikian, terdapat aturan-aturan yang harus diterapkan oleh masyarakat yakni menerapkan 100% kerja di rumah atau work from home (WFH) untuk sektor non esensial dan seluruh kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara dalam jaringan atau online. Alhasil meningkatkan kegiatan masyarakat dalam jaringan atau online.

General Manager External Corporate Communication Telkomsel Aldin Hasyim mengatakan, pihaknya mengupayakan pengamanan traffic jaringan yang sudah dilakukan dengan cara menyiagakan kapasitas tambahan.

Tujuannya guna mengantisipasi lonjakan trafik layanan berbasis data dan digital. “Dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz,” Kata Aldin kepada Kontan.co.id, Minggu (4/7).

Aldin menjelaskan, hingga periode kuartal I-2021, Telkomsel telah menggelar lebih dari 234.000 ribu Base Transceiver Station (BTS) keseluruhan hampir terhubung dengan jaringan broadband 3G dan 4G/LTE. “Yang melayani 95% wilayah populasi di seluruh pelosok negeri,” ucapnya.

Lebih lanjut Aldin, selama masa PPKM darurat Telkomsel akan tetap melakukan upaya pengamanan jaringan terutama fokus di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan covid-19 seperti rumah sakit dan kantor Pemerintah yang terkait. Aldin tidak memberikan lebih rinci mengenai tingkatan pelanggan saat masa PPKM darurat.

“Kami memprediksi akan ada peningkatan trafik layanan khususnya penggunaan layanan berbasis broadband di sejumlah titik yang menjalankan masa PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali, namun lonjakan trafik tersebut masih cukup stabil dan tetap dapat diantisipasi oleh Telkomsel,” jelasnya.

Sejak awal masa darurat pandemi Covid-19 tahun lalu, Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah sebagai dampak diberlakukannya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah oleh sejumlah perusahaan serta sekolah.

sumber : https://industri.kontan.co.id/news/telkomsel-antisipasi-lonjakan-trafik-data-di-tengah-ppkm-darurat

Post a Comment

0 Comments