Teknologi Cloud ERP Dorong Lompatan Besar di Bisnis Farmasi Indonesia

 


Pandemi Covid-19 dan tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam meminimalisasi penyebaran dan penularan Corona memberikan kontribusi besar bagi bisnis farmasi di Indonesia dan menjadi Indonesia pasar farmasi yang diperhitungkan di dunia.

Apotek dan toko obat (drugstore) menjadi sektor kritikal yang kerap dicari masyarakat. Namun keterbatasan interaksi langsung di masa pandemi akan sangat menyulitkan untuk menjangkau konsumen secara tepat.

Untuk mengatasi hal ini, sebagian menjalin kerjasama dengan platform digital seperti konsultasi dokter online, transportasi online maupun e-commerce.

Transformasi digital sudah menjadi keniscayaan di era kenormalan baru. Dengan transformasi digital para pelaku bisnis dapat dengan mudah melakukan bisnis konsinyasi.

Perusahaan asal Korea Selatan, Younglimwon Softlab, menghadirkan SystemEver Indonesia untuk membantu pelaku bisnis yang ingin melakukan lompatan besar dan bersaing di pasar global melalui penerapan manajemen berbasis teknologi Cloud ERP (Enterprise Resource Planning).

"SystemEver Indonesia siap membantu pelaku usaha melakukan mapping kebutuhan bisnis dan menyusun strategi yang tepat untuk melesat," kata Representative SystemEver Indonesia, Charles Kwon dalam keterangannya, Selasa (27/7/2021).

Komputerisasi manajemen ERP yang diadopsi dari perusahaan terkemuka di Korea dan diadaptasikan di Indonesia inilah yang menjadikan SystemEver bisa merancang sistem pengelolaan persediaan barang yang lengkap serta mampu mencatat transaksi mulai dari pembelian, penjualan, konsinyasi, pengelolaan stok, laba dan rugi secara real time.

"SystemEver juga memiliki program yang mempermudah manajemen keuangan di perusahaan, seperti mencetak invoice, menghitung penyusutan serta menghasilkan laporan dan grafik analisis keuangan usaha secara komprehensif.

Dengan demikian, lonjakan permintaan akan obat, suplemen dan alat kesehatan selama pandemi bisa teratasi," katanya.

Pelaku usaha toko obat dan apotek pun dapat mengetahui langkah-langkah bisnis apa saja yang mesti dilakukan ke depannya, bahkan membuat keputusan bisnis yang lebih cepat.

Adanya sistem yang saling terintegrasi dari satu divisi ke divisi lain juga membuat data yang diolah menjadi lebih akurat.

Systemever memiliki fitur khusus bernama Visual-K Process Map yang menyuguhkan pemetaan kertas kerja secara visual yang terlihat lebih simple dan mudah digunakan.

Melalui fitur tersebut, mempermudah manajemen perusahaan melakukan rutinitas pekerjaannya (daily task), mengekspor data berdasarkan kebutuhan dan memantau perkembangan project yang tengah berjalan.


Sumber: https://www.tribunnews.com/techno/2021/07/28/teknologi-cloud-erpdorong-lompatan-besar-di-bisnis-farmasi-indonesia.

Post a Comment

0 Comments