Pesan Nadiem, Peserta PKN Mampu Lahirkan Inovasi Baru

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah terus mendorong peningkatan kompetensi aparatur negara melalui Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II.


Dengan penyelenggaraan PKN tersebut, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim berharap dapat melahirkan pemimpin yang dapat membangun kepemimpinan yang strategis.

"Para peserta yang telah mengikuti PKN diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan, dan mengaktualisasikan kepemimpinan yang strategis dalam memberikan layanan di bidang pendidikan berkualitas," pesan Menteri Nadiem dalam penutupan PKN Tingkat II Tahun 2021 secara daring pada Selasa (13/7).

Menteri Nadiem juga berharap pelaksanaan PKN dapat melahirkan pemimpin yang mampu menciptakan lingkungan kerja yang selalu melakukan inovasi-inovasi baru.

Selain itu juga, pemimpin yang baik perlu menyadari bahwa dia tidak bisa bekerja sendiri, tetapi harus bisa berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan.

Kolaborasi dan gotong royong, kata Menteri Nadiem, merupakan asas kerja di lingkungan Kemdikbudristek yang harus diperkuat.

"Salah satu tugas utama Kemdikbudristek adalah memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas, maka para pemimpin di masing-masing unit utama harus memperkuat kolaborasi dan gotong royong. Hal itu sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar untuk melahirkan generasi pemimpin baru dengan kemauan yang kuat untuk mengabdi kepada negara," jelas Nadiem.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pimpinan Lembaga Administrasi Negara (LAN) beserta jajarannya atas dukungannya dalam kegiatan ini. Pada tahun selanjutnya, diharapkan Pusdiklat dapat menyelenggarakan kegiatan pelatihan pegawai secara mandiri. Kemudian, kepada para alumni PKN II, selamat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh pada pelatihan ini karena masa depan Indonesia bergantung kepada kesungguhan Bapak/Ibu sekalian dalam bergerak bersama mewujudkan Merdeka Belajar sebagai pembelajar sepanjang hayat dan pelayan masyarakat," sambung dia.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt.) Sesjen Kemdikbudristek, Ainun Na’im mengatakan bahwa PKN II Angkatan VI ini memberikan pengalaman pembelajaran dan peningkatan kompetensi kepada para peserta, sehingga dapat mengemban amanah sebagai aparatur negara yang mampu mengelola pekerjaan sesuai bidang masing-masing untuk masyarakat dan pembangunan nasional.

"Saya berharap bahwa perhatian, pemikiran, dan ide-ide baru tidak hanya muncul selama mengikuti pendidikan, tetapi selalu muncul ketika bekerja. Ketika kita bekerja kita harus selalu memberikan perhatian dan memikirkan bagaimana kita supaya bekerja lebih baik yang berdampak pada lingkungan kita, lembaga kita, dan masyarakat kita," ungkap Ainun Na’im.

Ia pun berharap kepada peserta agar berkontribusi optimal untuk meningkatkan kinerja organisasi masing-masing, dengan tetap menjaga nilai-nilai akuntabilitas untuk mendukung layanan-layanan pemerintah yang unggul.

"Meskipun dalam suasana pandemi Covid-19, kita diharapkan dapat cepat beradaptasi dengan situasi ini karena kita berhadapan dengan era kenormalan baru yang akan membawa perubahan-perubahan dalam tatanan kehidupan. Saya harap selepas dari PKN ini, Bapak/Ibu terus mengembangkan diri untuk kebaikan masyarakat," tambah Ainun Na’im.

sumber : https://www.jurnas.com/artikel/96302/Pesan-Nadiem-Peserta-PKN-Mampu-Lahirkan-Inovasi-Baru/

Post a Comment

0 Comments