Pembelajaran Daring di Era New Normal

Pembelajaran Daring di Era New Normal


Dunia sedang berada dititik kesulitan. semua sektor kena imbasnya. Mulai dari Ekonomi hingga Pendidikan. Pemerintah harus memutar otak bagaimana Ekonomi agar tetap stabil dan Pendidikan dapat dilanjutkan. Karena kini Pendidikan di Indonesia termasuk sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Cilacap harus beradaptasi secara Daring atau melakukan pembelajaran di rumah secara online. Pembelajaran secara daring dirasa cukup berat bagi siswa-siswi termasuk oleh wali murid, mulai dari kuota internet yang harus selalu terisi hingga smartphone yang harus wajib dimiliki oleh setiap siswa.

Mereka harus terbiasa mendapatkan materi meskipun dirumah saja dengan smartphone mereka. Yang biasa sekolah tatap muka secara langsung kini harus berbicara dibalik layar smartphone mereka. Memang sangat memberatkan tapi cara inilah yang dapat mengurangi jumlah pasien Covid-19 di Indonesia. Covid-19 sangat mudah untuk menyerang masyarakat, dengan sentuhan karena setiap hari angka yang positif semakin meningkat.

Ketidakefektifan Pembelajaran Daring

Mayoritas siswa-siswi di Kabupaten Cilacap merasa bahwa pembelajaran secara daring (online) belum sepenuhnya efektif. Ketidakefektifan ini juga disebabkan karena Guru atau Dosen pada pembelajaran daring atau bisa di katakan belajar dari rumah belum sepenuhnya menguasai pembelajaran jarak jauh. Siswa harus menerima keadaan daring ini dengan kondisi di Era Pandemi Covid-19 karena pendidikan harus tetap ada dan harus berjalan. Pembelajaran daring dari rumah harus terus dilakukan hingga Pemerintah dan Kemdikbud menginformasikan bahwa pembelajaran dapat dilakukan secara tatap muka.

Kendala Terhadap Tugas Dan Ujian

Banyak pelajar SMA yang merasa keberatan karena tugas yang diberikan oleh guru cukup banyak. Siswa-siswi juga berpendapat bahwa pembelajaran secara daring terlalu sulit dimengerti apalagi ketika guru sedang menerangkan terutama pelajaran kuantitatif (berhitung)seperti matematika, fisika, kimia. Ujian pun menjadi sangat tidak efektif karena banyak siswa yang memanipulasi jawaban mereka, seperti menyontek google, bekerja sama dengan teman, bahkan mendapat bocoran jawaban ujian. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) juga berdampak menurukan nilai siswa karena siswa yang awalnya pintar menjadi sulit untuk memahami pelajaran.

Hambatan Jaringan Ketika PJJ

Cukup banyak kendala yang dirasakan oleh guru dan siswa pada PJJ ini, misalnya jaringan internet yang sulit diakses. Hal ini menjadi hambatan bagi siswa yang rumahnya berada di pelosok dan jauh dari kota. Keterbatasan terhadap akses internet menyebabkan guru berkunjung ke rumah siswa (luring). Kemdikbud diminta untuk mendata jumlah siswa dan guru yang tidak memiliki akses internet dan terkendala dalam PJJ. Kebijakan ini sangat dibutuhkan untuk mengintervensi PJJ tersebut.

Aplikasi Belajar Online Pada Pembelajaran Daring

Menanggapi masa pandemi ini sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Cilacap menggunakan berbagai macam aplikasi online. Aplikasi yang digunakan antara lain Whatsapp,Google Classroom, Zoom Meeting, Google Meet, Dll. Aplikasi yang dirasa sangat mudah diakses dan dipahami oleh siswa adalah Google Classroom. Dengan menggunakan aplikasi online tersebut siswa dapat berinteraksi satu sama lain. Pada Pembelajaran daring juga diperlukan diskusi antara guru dengan siswa secara efektif. Diskusi bertujuan agar guru dan siswa dapat menjaga interaksi dan pelajar dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Faktor Ekonomi Penghambat PJJ

Faktor ekonomi menjadi salah satu hambatan bagi siswa dalam PJJ. Banyak siswa yang tertinggal pelajaran karena tidak mempunyai kuota atau pulsa. Sebagian sekolah ada yang sudah mengatasi masalah kuota tersebut dengan memberikan bantuan kuota belajar gratis kepada siswa. Bantuan kuota gratis ini pun sudah hampir seluruh pelajar di Indonesia sudah mendapatkannya.

Kegiatan Disela Pembelajaran Daring

Banyak pelajar yang memanfaatkan daring online sebagai sarana untuk sekadar absen. Kemudian dilanjutkan untuk bermain game online, bermain dengan teman, bahkan tidur. Dari pengalaman saya dan teman-teman saya saat daring online merupakan golongan yang melakukan belajar online disertai dengan kegiatan lain misalnya menyapu, menyuci piring, menyuci baju, dan memasak. Kegiatan rumah tersebut menjadi salah satu kegiatan positif yang dapat saya rasakan.

Dampak Positif Dan Negatif PJJ

Banyak sekali dampak-dampak pada pembelajaran daring ini. Mulai dari dampak positif, seperti banyak sekali siswa yang menambah pengalaman ketika membantu kegiatan rumah, menambah banyak skill,dan siswa menjadi memiliki banyak waktu bersama keluarga. Adapun dampak negatif dari PJJ ini, seperti siswa menjadi malas mengerjakan tugas, bekerja sama dengan teman ketika ujian, dan siswa menjadi kurang bersosialisasi. Maka dari itu, kita sebagai siswa harus memenuhi kewajiban kita sebagai seorang pelajar walaupun dalam keadaan daring di tengah pandemi Virus Covid-19

Dari pembelajaran daring ini kita dapat menyimpulkan bahwa masih banyak pelajar yang mengikuti PJJ tetapi masih belum efektif dan masih belum bisa diikuti oleh para siswa seutuhnya. Belajar secara daring (online) merupakan pilihan yang wajib siswa ambil mau tidak mau, siap tidak siap. Karena itu, belajarlah dari rumah meskipun dalam kondisi pandemi virus Covid-19. Sekolah harus tetap ada walaupun secara virtual dan belajar dari rumah. Maka dari itu, dari pembelajaran daring ini kita dapat belajar bahwa kita tidak boleh bermalas-malasan dalam PJJ ini karena bermalas-malasan merupakan suatu pelemahan kinerja otak terhadap beberapa tugas yang kita tunda sehingga pada akhirnya deadline tugas hanya dalam hitungan jam.

Pada akhirnya, penulisan ini bertujuan untuk memberikan perspektif pada pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen yang juga merasakan dampak pembelajaran daring. Sehingga, diharapkan kita tidak boleh mengeluh dan pesimis, karena pembelajaran harus tetap berjalan. Guru dan siswa harus selalu bersinergi dalam menghadapi PJJ pada kondisi pandemi ini dan jangan lupa tetap menjaga protokol kesehatan.

sumber : https://www.kompasiana.com/sekararum0009/60eb09b935d5a51f21572422/pembelajaran-daring-di-era-new-normal?page=all#section1

Post a Comment

0 Comments