Nadiem Ajak Kampus Bantu Pulihkan Bali Melalui KKN Tematik

Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengajak perguruan tinggi mengambil peran memulihkan Bali dari 'serangan' pandemi covid-19. Salah satunya, melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.


"Saya ingin mengundang pimpinan perguruan tinggi, dosen, dan mahasiswa di Bali untuk turut mengambil peran dalam percepatan upaya pemulihan dari pandemi covid-19," kata Nadiem dalam Kuliah Umum KKN Tematik Merdeka Belajar untuk #BaliBangkit #BaliKembali, Senin, 5 Juli 2021.

Nadiem menekankan, KKN Tematik merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang mengedepankan pengabdian masyarakat. Khususnya, untuk menghadirkan solusi atas tantangan yang tengah menjadi prioritas.

"Pariwisata yang menjadi sektor unggulan di Bali, menjadi salah satu aspek yang paling terpukul oleh pandemi," ungkapnya.

Nadiem menyebut KKN Tematik ini berfokus pada penyampaian komunikasi, informasi, dan edukasi untuk masyarakat terkait gerakan pemulihan dan adaptasi kebiasaan baru (AKB). Dalam pelaksanaannya, Kemendikbudristek memberi dukungan kepada mahasiswa berupa jaminan angka kredit yang akan ditransfer menjadi SKS.

"Sedangkan bagi dosen yang mengikuti KKN Tematik ini akan mendapat sertifikat yang dapat digunakan sebagai bukti penilaian angka kredit jabatan fungsional," terang Nadiem.

Menurut Nadiem, partisipasi institusi pendidikan dan sivitas akademika dalam gerakan masyarakat merupakan bentuk kontribusi sebagai cendekia yang kritis dalam berpikir dan solutif dalam bertindak. Nadiem percaya, pemulihan Bali bisa jadi salah satu faktor kebangkitan Indonesia melawan pandemi.

"Perjalanan kita mungkin akan panjang dan mendaki, tapi teruslah yakin bahwa dedikasi dan kolaborasi akan membawa Bali bangkit dan Bali kembali," ungkapnya.

Nadiem mengatakan, saat ini waktu yang tepat bagi mahasiswa membuktikan kontribusinya pada negeri. Selain KKN Tematik, kata Nadiem, mahasiswa bisa memberikan manfaat dengan mengikuti progam lain dalam Kampus Merdeka. Misalnya, Kampus Mengajar, riset dan studi independen, serta proyek kemanusiaan.

"Program yang kami sediakan memungkinkan mahasiswa berkontribusi sesuai dengan minatnya," ucap dia.

sumber : https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/8KyjvgvN-nadiem-ajak-kampus-bantu-pulihkan-bali-melalui-kkn-tematik

Post a Comment

0 Comments