MPLS DKI Digelar Daring, Pendidik Wajib Sosialisasikan Hidup Sehat Kenormalan Baru

MerahPutih.com - Tingginya tren kasus COVID-19 di Jakarta memaksa masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran baru 2021 - 2022 bagi siswa baru digelar secara daring atau online.


MPLS dilaksanakan di seluruh satuan pendidik mulai dari 12 Juli hingga 14 Juli 2021 besok. Sedangkan MPLS jenjang paud baru digelar 14 Juli sampai 16 Juli mendatang.

"Selama MPLS, peserta didik mengenakan seragam dari satuan pendidikan sebelumnya. Kecuali jenjang paud, SD/SDLB, dan pendidikan kesetaraan," tulis Dinas Pendidikan (Disdik) DKI melalui akun resmi Instagram @disdikdki, Selasa (13/7).

Tujuan kegiatan MPLS ini untuk mengenali potensi diri peserta didik baru; membantu peserta didik Baru mengenal, beradaptasi dan menyatu dengan warga dan lingkungan satuan pendidikan; memahami tata tertib satuan pendidikan.

Lalu, mengetahui hak dan kewajiban, serta tanggung jawabnya sebagai bagian dari warga satuan pendidikan dan warga DKI Jakarta; menumbuhkan perilaku positif sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; serta menumbuhkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) dan karakter baik melalui nilai-nilai pendidikan karakter.

Ada sejumlah aturan saat pelaksanaan MPLS daring. Disdik menyebut, satuan pendidikan dilarang mewajibkan peserta didik menggunakan atribut/aksesoris dan perlengkapan yang berlebihan dan serta memberi tugas yang membutuhkan bahan-bahan yang membebani peserta didik.

Satuan pendidikan diharapkan mengembangkan materi budaya lokal Jakarta dan pengenalan program satuan pendidikan yang bersih, hijau, dan sehat.

Pelaksanaan MPLS di tengah wabah COVID-19 satuan pendidikan perlu sosialisasi tentang penerapan pola hidup sehat dalam masa kenormalan baru.

Khusus untuk MPLS jenjang SMP/Paket B, SMA/Paket C dan SMK agar memasukan materi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN)

"Serta pesan hidup sehat tanpa narkoba," sambung Disdik DKI.

Kepala satuan pendidikan bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta melaporkan hasil pelaksanaan MPLS kepada kasudin pendidikan masing-masing.

Kepala satuan pelaksana pendidikan kecamatan, pengawas, dan penilik melaksanakan monitoring secara daring dalam pelaksanaan kegiatan MPLS tahun pelajaran 2021/2022.

Kabid persekolahan dan kasudin pendidikan melaksanakan pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan MPLS tahun pelajaran 2021/2022.

"Kegiatan MPLS disesuaikan dengan situasi dan kondisi satuan pendidikan," tutupnya. (Asp)

sumber : https://merahputih.com/post/read/mpls-dki-digelar-daring-pendidik-wajib-sosialisasikan-hidup-sehat-kenormalan-baru

Post a Comment

0 Comments