Indonesia Dorong ASEAN-Italia Perkuat Kerja Sama Pembangunan Berkelanjutan

ROMA, KOMPAS.com - Dubes RI di Roma, Esti Andayani menyampaikan, Indonesia terus mendorong penguatan kerja sama pembangunan berkelanjutan (sustainable development), antara ASEAN dan Italia, khususnya dalam menghadapi dampak pandemi serta memanfaatkan potensi kerja sama pasca-pandemi Covid 19.


Hal itu disampaikannya dalam webinar "Italy-ASEAN Partnership for Development: A look at Sustainable Development", yang diselenggarakan secara virtual (daring) pada Rabu (7/7/2021)

Dalam kapasitasnya sebagai ketua ASEAN Committee in Rome (ACR), Dubes Esti menjelaskan, "Pelajaran Covid-19 ini menyadarkan kita pentingnya kerja sama yang no country should be left behind."

"Penting bagi kita saat ini untuk terus mengedepankan multilateralisme dan kerja sama antarnegara, termasuk memperkuat kerja sama di bidang pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan tiga dimensinya yaitu: sosial, ekonomi dan lingkungan hidup," dikutip dari siaran pers KBRI Roma.

Selain itu, Dubes Esti juga menjelaskan salah satu area kerja sama yang bisa dikembangkan adalah digital economy.

"Selama masa lockdown, restriksi pergerakan dan dalam masa new normal ini, peranan e-commerce menjadi sangat penting."

"Digital economy juga penting untuk memberdayakan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang terbukti menjadi salah satu pilar penting pada saat pandemi dan masa recovery dari pandemi ini."


Dilanjutkannya, "UNCTAD mencatat bahwa di tahun 2020 ini, perdagangan e-commerce mencapai 17 persen dari perdagangan global retail."

"Dalam kaitan ini, ASEAN adalah salah satu ekosistem terbesar digital economy di dunia, memiliki 12 unicorn atau startup yang masing-masing memiliki nilai valuasi pasar lebih dari 1 miliar dollar AS."

"ASEAN dan Italia memiliki banyak potensi kerja sama sustainable development yang dapat dikembangkan, untuk mencapai kepentingan bersama," pungkasnya.

Kegiatan webinar kali ini diselenggarakan atas kerja sama antara lembaga riset Italia CeSI (Centro Studi Internazionali), Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Italia dan ACR.

Dalam webinar diidentifikasi berbagai potensi kerja sama sustainable development ASEAN- Italia, di antaranya green and circular economy, perubahan iklim, pemberdayaan wanita, pemberdayaan UMKM, ketahanan energi, food security, penanganan Covid-19 (vaccine access) dan lainnya.

Kerja sama ASEAN dan Italia saat ini berkembang pesat. Momentum kerja sama ASEAN dan Italia ditandai dengan pemberian status Development Partner kepada "Negeri Pizza" pada September 2020.

Keputusan tersebut disepakati para Menteri Luar Negeri ASEAN dalam Pertemuan ke-53 Menlu negara-negara ASEAN pada 9 September 2020.

Italia memandang penting peran ASEAN baik di kawasan regional maupun internasional, dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, serta keberhasilan ASEAN dalam menjaga ekosistem perdamaian, keamanan dan kesejahteraan di kawasan.

sumber : https://www.kompas.com/global/read/2021/07/08/144952270/indonesia-dorong-asean-italia-perkuat-kerja-sama-pembangunan?page=all

Post a Comment

0 Comments