Gubernur Mahyeldi Dorong Pemanfaatan Dana Desa untuk Pemulihan Ekonomi Nagari

Padang, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah mengatakan pemanfataan dana desa 2021 diarahkan untuk menunjang pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru dan pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19.


“Fokus pemanfaatannya agak bergeser. Pada 2020 difokuskan pada penanganan Covid-19. Pada 2021 mulai lebih diarahkan kepada pemulihan ekonomi meski tetap pada porsi untuk penanganan pandemi,” ujar Mahyeldi dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Kamis (1/7/2021).

Sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 tahun 2020 disebutkan prioritas penggunaan dana desa 2021 adalah untuk mendukung pembangunan nasional berkelanjutan di desa atau Sustainable Development Goals Desa (SDGs Desa).

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya. SDGs menjadi acuan pembangunan desa 2020-2024.

Dalam kesempatan itu, Mahyeldi memberikan apresiasi kepada Kabupaten Pasaman yang telah menyelesaikan pendataan SDGs hingga 100 persen untuk 37 nagari secara tepat waktu.

“Mudah-mudahan daerah lain bisa mengikuti Pasaman agar program Dana Desa juga bisa maksimal dimanfaatkan,” ujarnya. [fru]

sumber : https://padangkita.com/gubernur-mahyeldi-dorong-pemanfaatan-dana-desa-untuk-pemulihan-ekonomi-nagari/

Post a Comment

0 Comments