Remote Working sebagai Metode Kerja yang Familiar di Kala Pandemi

Sejalan perkembangan di dunia kerja, banyak perusahaan yang mulai menerapkan sistem kerja remote atau remote working kepada karyawannya. Bagaimana tidak, mengutip Business 2 Community, selama lima tahun terakhir jumlah orang yang bekerja secara remote meningkat sebesar 44%.


Tak salah lagi, melihat hal tersebut, tren pekerjaan remote mungkin akan terus berkembang dari waktu ke waktu.Lalu, sebenarnya apa, sih, pekerjaan remote itu? Lalu, apa saja kira-kira pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan metode seperti itu?

Pekerjaan Remote atau remote working menurut Skill Crush, adalah sebuah pekerjaan yang dalam penyelesaiannya tidak perlu sampai datang ke kantor. Dengan kata lain, kita bisa bekerja dari rumah, cafe, tempat nongkrong, ataupun tempat tempat lain.

Remote working ini dinilai sebagai metode yang nyaman bagi karyawan. Bahkan, Flex Jobs berpendapat setelah melakukan survey dengan Mental Health America, bahwa orang orang yang bekerja dengan metode remote working atau fleksibel, dilaporkan dalam kesehatan mental yang lebih baik dari pada selain remote working.

Dalam hal itu, 48% mengatakan work-life balance mereka berada di fase atau kondisi yang sangat baik. Oleh karena itu isa diartikan, tingkat produktivitas kerja seorang karyawan itu berada dalam kondisi yang baik, sehingga karyawan mampu menyelesaikan pekerjaan secara maksimal.

Di dalam praktiknya, perusahaan yang menerapkan remote working, biasa memanfaatkan internet dalam berkomunikasi dengan karyawan mereka. Juga, karena fleksibilitas yang tinggi, banyak orang yang tertarik dengan metode seperti itu.

Apa Sih Pekerjaan yang Bisa di-remote?

Content Writer
Kamu tertarik dengan dunia kepenulisan? Coba dalami profesi sebagai content writer. Pekerjaan ini bisa dibilang sebagai pekerjaan remote, karena biasanya seorang content writer bertugas untuk menulis, mengedit dan mengirimkan sebuah dokumen. Kamu juga bisa memilih menjadi content writer yang berpaku pada perusahaan ataupun menjadi freelancer yang dapat bekerja dengan banyak perusahaan.

Sales
Dikutip dari The Balance Careers, posisi sales dapat bekerja secara remote tanpa perlu pergi ke kantor. Dikarenakan kebanyakan sales bekerja secara fleksibel. Ada yang mencoba berjualan di mall, supermarket atau tempat-tempat umum lainnya. Ada juga beberapa perusahaan yang tidak keberatan jika posisi sales tidak harus bekerja di kantor, asalkan targetnya dipenuhi dengan baik.

Programmer
Kamu punya keahlian di bidang pemrograman komputer dan tertarik untuk kerja secara remote? cobalah berkarier sebagai programmer. Bisa dibilang sama dengan content writer, profesi yang satu ini juga dapat dikerjakan di mana saja, termasuk dari rumah atau work from home. Dikarenakan seorang Programmer biasanya bertugas untuk menguji program dengan bahasa pemrograman seperti JavaScript, C++, dan SQL. Nah, dikarenakan pekerjaannya berkaitan erat dengan komputer, programmer dapat bekerja secara remote.

Data Entry
Kalo kamu gemar berurusan dengan data, profesi ini mungkin bakalan cocok untuk ditekuni. Pada dasarnya data entry berjasa memasukan data yang diperoleh dari berbagai sumber informasi kedalam sistem komputer. Oleh sebab itu pekerjaan ini juga bisa dikerjakan secara remote.

Graphic Designer
Nahh kalau soal design pasti banyak yang tau nihh... ada kabar baik bagi kalian yang suka design. Karena, seorang design graphic bisa menyelesaikan pekerjaannya tanpa harus pergi ke kantor atau kerja remote. Bisa sebagai freelancer ataupun full time di sebuah perusahaan. Nahh, cara menjadi graphic designer yang baik adalah dengan membuat portofolio yang menarik dan juga menyebarkannya ke berbagai platfrom.

Customer Service
Customer Service menjadi salah satu kunci perusahaan untuk mengembangkan bisnis. Biasanya, perusahaan membutuhkan posisi seperti customer service untuk melakukan tugas tersebut.Profesi CC ini juga bisa menggunakan metode remote working, kenapa? Pasalnya, tugas dari customer service dapat dilakukan dari rumah lewat telepon atau internet. Bagi kamu yang tertarik untuk menjalani karier yang satu ini, setidaknya kamu harus mempunyai skill komunikasi yang tinggi serta bakat dalam bidang pemasaran.

Manfaat Kerja Remote
Seperti penjelasan diatas, salah satu manfaat kerja remote adalah work-life balance yang sangat baik. Sehingga kita bisa melakukan kegiatan aktivias lain diluar pekerjaan, misalkan mengurus anak atau melakukan hobinya.

Juga, menurut Remote Year, Karyawan yang bekerja remote cendeung mendapatkan produktivitas yang sangat tinggi. Kerja remote juga bisa menjadikan kita dapat menghemat uang. Sebab, kita tak perlu mengeluarkan ongkos untuk pergi ke kantor setiap hari.

sumber : https://www.kompasiana.com/maulanairfat1403/60dc277106310e53f37993b2/remote-working-sebagai-metode-kerja-yang-familiar-dikala-pandemi?page=1

Post a Comment

0 Comments