Peran Manajemen Strategi di Masa Pandemi

Peran Manajemen Strategi di Masa Pandemi

Corona virus 2019 atau biasa dikenal dengan Covid-19 adalah penyakit penlurannya melalui kontak diantara manusia, sehingga para penyebarannya sangat cepat menyebar keseluruh dunia. Memunculkan rasa ketakutan serta kekhawatiran terhadap kesehatan bagi manusia dalam memicu agar dari pemerintah serta memutus mata rantai penyebarannya dengan cara melaksanakan pembatasan aktivitas sosial. Istilah New Normal kemudian diperkenalkan. Maka dari itu, adanya sebuah pergeseran dan tambahan peran dari Human Resources Management (HRM) yang ada di organisasi untuk menjadi lebih penting dalam membantu upaya pencegahan penularan Covid-19 bagi anggota organisasi terlebih menjaga kelangsungan hidup organisasi ditengah krisis Covid-19. Tulisan bertujuan mendiskusikan sebuah pergeseran peran HRM di masa pandemi covid-19 dalam menjaga stabilitas organisasi. Maka dari itu manajemen sangat berperan penting di masa pandemic semua serba terbatas, semua memiliki aturan tersendiri baik dari aturan berkerumun, diskusi atau sekolah. Ada beberapa peran manajemen untuk strategi di masa pandemicdiantara lain:

Strategi Bisnis

Perusahaan mempunyai organisasi bisnis yang berkembang dan tumbuh secara efektif namun didalam menjalankan sebuah kegiatan didalam usahanya mempunyai pegangan dan konsep produktivitas serta efektivitas. Kemudian tidak bisa dipungkiri jika berdiri organisasi bisnis merupakan sebuah pencapaian laba secara optimal. Langkah untuk mengunggulkan dalam sebuah persaingan adalah cara untuk menerapkan beberapa strategi pemasaran yang tepat pada sasaran dari segi kualitas, harga maupun daya saing tinggi atas produk yang akan dihasilkan.

Strategi bisnis yang tepat dalam memasarkan produk di masa pandemi covid19 ini ialah media elektronik terletak di antara konsumen dan produsen tidak bisa bertemu secara langsung di satu tempat namun mempunyai jangkauan pemasaran yang cukup luas (Ulya, 2020; Riyadi, Mahkota, & Suyadi, 2014; Kaplan, 2012)

Hasil penelitian dilakukan secara empiris yang dilaksanakan oleh Bastian (2015) kemudian memperoleh sebuah kesimpulan bahwa adanya pemanfaatan teknologi informasi dengan perantara media sosial adalah sebuah strategi yang tepat untuk memasarkan hasil produksi yang tidak ada batasannya walaupun dengan tetap memperhatikan neraca keuangan perusahaan.

Media Sosial

Di era globalisasi dunia para pembisnis, untuk pemasaran dari sebuah produk yang baik akan barang serta jasa bisa dimanfaatkan untuk kemajuan dalam bidang teknologi informasi. Media sosial adalah sebuah produk yang berasal dari teknologi informasi yang memberikan sebuah manfaat optimal untuk pelaku usaha. Media sosial pelaku usaha bisa memaparkan secara spesifikasi produk, harga dan kualitas kemudian konsumen bisa lebih leluasa dalam memilih barang untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan kemampuannya (Rusdiono, 2019; Purbohastuti, 2017; Praditya, 2019).

Menyetujui jika dengan adanya media sosial sebagai salah satu media untuk memasarkan dari produksi yang sudah memberikan pengetahuan untuk konsumen yang berkaitan secara spesifikasi produk yang ingin dibeli (Singh, Jackson &Culinane, 2008; Widyaningrum, 2016).

Diperoleh hasil penelitian empiris yang dilakukan oleh Kurniawan (2017) yang bisa disimpulkan, bahwa e-business atau ecommerce ini berguna yang memiliki manfaat baik untuk produsen yang mempunyai produk maupun konsumen yang dibutuhkan sebuah produk dengan tepat, cepat, serta sesuai dengan yang akan diharapkan.

Strategi Manajemen

Memperlihatkan jika perspektif dilalui melalui perantara strategi 5Ps untuk mempertajam pengertian yaitu :

Strategi sebagai suatu perencanaan (Plan), perencanaan merupakan sebuah rencana yang akan disusun secara rinci tentang tindakan seseorang untuk mencapai sebuah tujuan. Rencana tersebut disusun dengan cara mempertimbangan ancaman dan peluang saat ini serta masa yang akan datang kemudian untuk merumuskan beberapa alternatif yang bisa diambil. Dalam hal ini akan diberikan ke semua orang berkaitan tentang apa yang harus dikontribusikan oleh mereka.
Strategi sebagai cara (Ploy) merupakan taktik khusus yang akan digunakan dalam mengungguli seorang kompetitor.
Strategi dalam pola (Pattern) untuk memperlihatkan serangkaian tindakan yang akan dilaksanakan untuk sebuah pencapaian tujuan.
Strategi untuk posisi (Position) merupakan alternatif dalam menentukan strategi yang bisa dipilih untuk pelaku bisnis untuk memposisikan bisnisnya.
Strategi merupakan sebagaian dari perspektif (Perspective) untuk mewakili cara pelaku dalam bisnis dalam memandang dirinya sendiri mengenai posisi yang akan dipilihnya serta mengenai sebuah pandangan lain yang menjadi lebih besar.
Kesimpulan dari beberapa uraian di atas bahwa manajemen sangat diperlukan di masa ppandemi, karena semua butuh pembaruan baik dibidang bisnis, bidang pendidikan serta bidang yang laainnya.

sumber : https://www.kompasiana.com/yonatanfredy5653/60cc1cc49f7b9d32df6af9a2/peran-manajemen-startegi-di-masa-pandemic?page=2

Post a Comment

0 Comments