USK Ikut Terlibat dalam Pengembangan Kurikulum Magister Ind4.0


Aceh: Tim Universitas Syiah Kuala (USK) ikut berpartisipasi dalam 'Ind 4.0 2nd Study Visit' yang diselenggarakan pada 19–21 Mei 2021 secara virtual. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Erasmus+ berkaitan dengan pengembangan kurikulum program Magister Ind4.0. (Banda Aceh, 24 Mei 2021).

Kegiatan ini melibatkan 15 partner konsorsium, baik dari universitas maupun institusi dari Asia dan Eropa. Antara lain, dari Malaysia terdiri dari Universiti Teknologi Mara, Universiti Teknologi Malaysia dan Universiti Kuala Lumpur, dari Kamboja terdiri dari University of Heng Samrin Thbongkhmum, University of Battambang, dan Mean Chey University.

Dari Eropa, yang terlibat dalam kegiatan Ind4.0 adalah Hellenic Open University (Yunani), Guglielmo Marconi University dan Sapienza University (Italia) dan beberapa partner yaitu BK-Con (Jerman), Skybridge Partner dan Athens Metropolitan College (Yunani).

Sementara, dari Indonesia terdapat dua universitas yang terlibat yaitu Universitas Syiah Kuala (USK) dan tim dari Universitas Sumatera Utara (USU). Adapun koordinator konsorsium Ind4.0 ini adalah Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia.

Dalam pengimplementasiannya di USK, program studi Magister Ind4.0 tersebut direncanakan akan digabungkan dalam program studi Magister DS/AI yang sedang dalam proses persetujuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Study visit virtual kedua ini merupakan kelanjutan dari visit virtual pertama yang dilaksanakan di bulan Maret 2021.

Visit virtual dilaksanakan untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman terkait pembentukan program studi Magister terkait Industri 4.0 yang sesuai untuk diimplementasikan oleh universitas yang tergabung dalam konsorsium. Study visit juga bertujuan untuk merumuskan aspek utama yang diperlukan untuk kurikulum berbasis Industri 4.0 beserta deskripsi dari masing-masing mata kuliah yang akan menjadi bagian struktur kurikulum.

Dengan kegiatan ini, diharapkan terjadi sinergi di antara sesama universitas anggota konsorsium terkait penentuan mata kuliah program studi Magister DS dan AI yang akan dibuka beserta konten perkuliahannya.

Sumber : https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/0KvgJ5rN-usk-ikut-terlibat-dalam-pengembangan-kurikulum-magister-ind4-0

 

Post a Comment

0 Comments