Transformasi Digital, Kunci Perusahaan Bertahan di Masa Depan

Jakarta: Pandemi Covid-19 mendorong perusahaan harus melakukan transformasi digital. Kondisi ini diklaim menciptakan kenormalan baru sehingga perusahaan harus beradaptasi dan transformasi digital adalah kunci untuk bertahan di masa depan.


Meskipun begitu menurut perusahaan software asal Amerika bernama Tableau transformasi digital ini tidak sekadar adopsi perangkat dan solusi digital. Chief Product Officer Tableau, Francois Ajenstat memiliki transformasi digital berbasis data adalah wujud transformasi masa depan.

“Data harus dimanfaatkan membantu Anda mengembangkan bisnis. Data memiliki nilai keunggulan yang kompetitif. Semua yang kita lihat selama pandemi adalah bentuk pemanfaatan data secara efektif yang bisa menentukan sebuah bisnis berkembang dan bertahan,” ujarnya dalam sesi Tableau Live Asia Pacific.

Makanya menurut Ajenstat setiap perusahaan perlu memanfaatkan solusi sistem analitik dalam bisnis untuk menghasilkan data yang bernilai dan bisa dimanfaatkan lebih jauh. Tableau sendiri menyediakan solusi tersebut untuk perusahaan memanfaatkan data dengan tetap mengintegrasikan too yang sudah digunakan perusahaan atau bisnis.

General Manager & SVP Tableau, JY Pook di sesi Tableau Live Asia Pacific mengklaim transformasi digital berbasis data merupakan faktor yang membantu perusahaan atau bisnis bisa bertahan atau siap menyambut masa depan. Menurutnya perusahaan di kawasan ini sudah menyadari hal ini.

“Perusahaan yang membuat keputusan berdasarkan data akan lebih percaya diri dan optimistis,” ungkap Pook. Laporan YouGov yang dia kutip menyebut perusahaan berbasis data di Asia Pasifik dan jepang dua kali lebih optimistis dibandingkan yang tidak berbasis data.

Data bisa digunakan perusahaan untuk merespon lebih cepat dan pasti sehingga terlihat lebih cerdas. Mereka juga bisa berkolaborasi lebih baik. Tentu saja untuk bisa mengandalkan data maka perusahaan harus sudah memiliki tools yang dibutuhkan untuk memahami data kemudian memprosesnya.

“Data bisa membuka inovasi dan customer value sehingga memberikan pengalaman dan ikatan lebih luas atau mendalam dengan pelanggan. Outcome bisnis juga lebih baik. Hal yang harus dipahami adalah transformasi data bukan proses linier melainkan berkembang,” ujarnya.

(MMI)

sumber : https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/nN9rqWRb-transformasi-digital-kunci-perusahaan-bertahan-di-masa-depan

Post a Comment

0 Comments