Serba-Serbi Prodi Teknik Mekatronika, Minat Daftar?

 

Jakarta - Detikers, apakah kalian tahu jurusan Teknik Mekatronika? Jurusan ini ternyata populer di luar negeri dan memiliki prospek kerja yang cukup luas di Indonesia lo! Yuk simak penjelasan berikut yang dikutip dari akun Instagram Ditjen Dikti:

Awalnya istilah mekatronika diperkenalkan oleh seorang insinyur perusahaan Yaskawa Electric Cooperation pada tahun 1969. Secara keilmuan, Teknik Mekatronika berkembang dalam bidang precision engineering, yaitu cabang yang menitik beratkan pada ketelitian, contohnya peralatan optik.

Ilmu Teknik Mekatronika kemudian terus berkembang dan ilmu ini juga menjalar ke mesin-mesin yang lebih kompleks. Sedangkan mengenai prodi Teknik Mekatronika adalah prodi yang erat hubungannya dengan revolusi industri 4.0.

Revolusi industri 4.0 adalah era perubahan yang menekankan pentingnya digitalisasi dan perpaduan teknologi dalam peradaban manusia.

Prodi Teknik Mekatronika memiliki peluang untuk turut berkontribusi pada era revolusi industry 4.0. Hal ini dikarenakan prodi ini memilik tujuan untuk menghasilkan suatu kecerdasan buatan dengan kinerja yang optimal dan efisien.

Hal yang Dipelajari di Teknik Mekatronika

1. Sistem kontrol (signal and system)

2. Sensor akuatur (sensor and actuators)

3. Konsep mekanikal (physical system modelling)

4. Perangkat lunak dan akuisisi data (software and data acquisition)

5. Komputer dan sistem logika (computer and logic system)

Peluang Karier Lulusan Teknik Mekatronika

1. Desainer robot

2. Programmer

3. Teknisi

4. Manager: project, production, and engineering

Lulusan Teknik Mekatronika juga dapat bekerja di lembaga perguruan tinggi, lembaga penelitian, lembaga pemerintahan, dan menjadi wirausaha.

Perguruan Tinggi yang Menyediakan Prodi Teknik Mekatronika

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

2. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

4. Universitas Negeri Makassar (UNM)

5. Universitas Presiden (President University)

6. Universitas Trunojoyo Madura (UTM)

Nah itu tadi adalah penjelasan mengenai prodi Teknik Mekatronika. Apakah detikers berminat untuk berkuliah di Teknik Mekatronika? Jangan lupa persiapkan diri kalian sebaik mungkin agar dapat berkuliah di prodi ini ya!

Sumber : https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5582511/serba-serbi-prodi-teknik-mekatronika-minat-daftar

Post a Comment

0 Comments