Pengamat Telekomunikasi Bilang Hadirnya 5G Harus Jadi Pembeda dari Layanan Sebelumnya


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Telekomunikasi Doni Ismanto menyambut baik hadirnya teknologi 5G yang akan dioperasikan oleh operator seluler Telkomsel.

Meski dilakukan bertahap dan terbatas, hadirnya 5G harus menjadi pembeda dari teknologi jaringan sebelumnya.

Sebab, konektivitas 5G harus membawa perubahan terutama dalam ekosistem digital di Indonesia.

"Kerja keras Telkomsel membuktikan bahwa Indonesia tak kalah dalam mengimplementasikan teknologi jaringan terbaru. Tentu yang paling utama harus menjadi pembeda dari teknologi sebelumnya, terutama bagaimana jaringan ini bisa membangun ekosistem digital di Indonesia agar lebih baik lagi," kata Doni saat dihubungi, Kamis (27/5/2021).

Meski digarap ditengah keterbatasan infrastruktur, terutama di penyediaan frekuensi, Doni berharap jangkauan 5G bisa diperluas oleh Telkomsel dan juga operator lain agar mempercepat revolusi industri 4.0

Menurutnya, wilayah yang mempunyai demand tinggi harus bisa memperoleh jaringan 5G. Terutama untuk mendukung industri kecerdasan buatan hingga Blockchain.

"Tentunya jangkauan 5G bisa diperluas Telkomsel dan operator seluler lain ke wilayah dan kota yang demand nya tinggi. Kemudian perlu dikembangkan ekosistemnya, terutama untuk mendukung industri 4.0 seperti internet of things, kecerdasan buatan, virtual reality (VR), augmented reality (AR) maupun blockchain," tuturnya.

Untuk itu, PR pemerintah saat ini adalah menambah kapasitas frekuensi agar komersialisasi 5G bisa dipercepat. Artinya jika frekuensi sudah ideal, baru operator bisa melalukan komersialisasi jaringan ini secara maksimal.

"Kita harus hargai kerja keras yang dilakukan Telkomsel. Bagaimanapun, operator ini telah mencoba menghadirkan 5G dengan segala keterbatasan di sisi frekuensi sekaligus membuktikan komitmen operator untuk menghadirkan teknologi terbaru bagi pelanggan," imbuh Doni.

Sumber : https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/05/27/pengamat-telekomunikasi-bilang-hadirnya-5g-harus-jadi-pembeda-dari-layanan-sebelumnya


 

Post a Comment

0 Comments