Mahasiswa KKN UM 2021 Berikan Psikoedukasi Mengenai Manajemen Stress kepada Warga Desa Karangturi

Pada era new normal saat ini, masyarakat dihadapkan pada perubahan-perubahan baru di segala aspek kehidupan. Beberapa perubahan yang terjadi akibat kebijakan karantina, social distancing, situasi yang tidak menentu, serta masa pandemi yang tak kunjung berakhir dapat mengancam kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Adanya perubahan yang mendadak menyebabkan masyarakat rentan mengalami stress.


Oleh karena itu, mahasiswa peserta KKN Sinambung Universitas Negeri Malang 2021 melakukan kegiatan psikoedukasi mengenai pentingnya manajemen stress di RT 02/RW 02 Desa Karangturi, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari di bulan April 2021 sebagai salah satu bentuk kegiatan program kerja KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Pada hari pertama, kegiatan dilaksanakan secara door to door (kunjungan rumah), sedangkan kegiatan hari kedua dilakukan di salah satu rumah warga yang dihadiri oleh beberapa perwakilan dari warga RT 02 RW 02 yang belum diberikan psikoedukasi. Pelaksanaan sosialisasi dengan cara mengunjungi rumah warga ini dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan, mengingat jumlah kasus positif COVID-19 yang masih meningkat di Kabupaten Banyumas.

Psikoedukasi yang dilakukan berupa sosialisasi mengenai stress dan manajemen stress secara umum, serta strategi manajemen stress yang dapat diterapkan dengan mudah sehingga warga dapat menyadari pentingnya kemampuan manajemen stress terutama di era new normal. Selain itu, kegiatan psikoedukasi ini juga diharapkan dapat menambah pengetahuan warga mengenai manajemen stress, serta dapat menerapkan materi yang telah disampaikan di kemudian hari.

sumber : https://www.kompasiana.com/fiskaazzahra0816/6097a50ed541df108b4182d2/mahasiswa-kkn-um-2021-berikan-psikoedukasi-mengenai-manajemen-stress-kepada-warga-desa-karangturi

Post a Comment

0 Comments