Jangan Buat Divisi Sesuai Fungsi tapi Tujuan

TeknolSalah satu yang semakin marak di masa pandemi ini adalah kemampuan belajar secara otodidak. Sekarang ini hampir banyak waktu kita belajar dari platform teknologi, seperti Youtube, Udemy dan berbagai platform pembelajaran lainnya.


Didukung juga kecenderungan bisnis yang sangat lincah (agile), sehingga banyak pebisnis harus memikirkan ulang strategi pembagian tim kerjanya. Secara umum awalnya kita cenderung membagi mereka dalam divisi berdasarkan fungsi, seperti divisi penjualan, divisi admin, divisi finance, tapi kenyataannya, sekarang hampir sulit membagi fungsi itu, karena mereka semua sekarang berbaur, blended, tapi tetap punya tujuan.

Maka, sebagai entrepreneur, kita harus memikirkan cara lain yang lebih tepat, tapi berguna untuk semua.

Bagi kami yang bergerak di bidang teknis, terutama di bidang teknologi informasi, maka kita, secara pribadi lepas pribadi ditantang untuk selalu belajar hal baru, mengembangkan apa yang sudah ada, dan terus belajar, karena bidang ini sangat bergerak cepat.

Memang ada yang tetap saja hanya mau fokus menangani satu hal secara khusus, istilah saya, spesialis. Tapi kebanyakan, tidak seperti itu. Mereka akan belajar dari hal satu ke hal lainnya, dan itu bisa disesuaikan kebutuhan bisnis.

Bagi kita pemilik usaha, direktur, ataupun manager, bila tim kita semakin banyak mengetahui hal baru dan mereka semakin baik di bidang itu, maka itu adalah hal yang bagus untuk kita, dan juga untuk bisnis.

Sebagai contoh, orang yang belajar dan menguasai programmer, sekarang ini juga harus bisa memasang programnya di cloud, mau tidak mau harus belajar cloud computing.

Lalu, bagaimana kita membagi mereka dalam tujuan. Tujuan bisa saja produk. Maka tidak heran ada Divisi by Product. Di dalamnya ada tim sales, ada tim teknis, dan tim adminnya. Tapi juga ada yang membaginya berdasarkan fungsi, seperti Divisi Markom. Di dalamnya ada tim markom, teknis markom, hingga admin markom.

Nah, sekarang, kita sebagai pemilik usaha, direktur, manager, tinggal memikirkan bagaimana membagi mereka sesuai TUJUAN. Tentu TUJUAN ini adalah tujuan yang menguntungkan untuk perusahaan.

Sudah siap ? Ada waktu liburan lebaran ini kalau anda kosong, bisa gunakan waktu untuk mengutak-atik ide ini.

sumber : https://www.kompasiana.com/startmeup/609888788ede4825910f11e2/jangan-buat-divisi-sesuai-fungsi-tapi-tujuan

Post a Comment

0 Comments