HRIS Tingkatkan Produktivitas Karyawan Saat Ramadan dan Pandemi

Jakarta, Beritasatu.com - Saat bulan Ramadan dan pandemi Covid-19 yang memberlakukan work form home (WFH), produktivitas karyawan cenderung menurun. Untuk mengelola kinerja karyawan lebih baik, perusahaan didorong menggunakan aplikasi pendukung seperti GreatDay Human Resources (HR) sebagai Human Resource Information System (HRIS) dengan berbagai fitur canggih.


"HRIS merupakan software yang berguna untuk mengelola semua kegiatan yang berkaitan dengan SDM (sumber daya manusia) melalui satu aplikasi terintegrasi," kata Founder dan CEO GreatDay HR, Gordon Enns dalam keterangan tertulisnya Selasa (5/5/2021).

Sebagai pionir aplikasi ponsel HR dan berpengalaman 20 tahun mengembangkan masalah di bidang HR, GreatDay HR memiliki bermacam-macam fitur yang dapat memastikan karyawan tetap produktif di masa seperti saat ini. Fitur GreatDay HR yang dimaksud di antaranya absen online. Dengan GreatDay HR, karyawan dapat merekam kehadiran secara online tanpa bersentuhan dengan perangkat kecuali smartphone mereka. Cukup dengan sekali selfie, wajah karyawan akan dipindai dengan teknologi pemindai wajah dan akan memberikan penanda lokasi yang akurat berkat teknologi Geo Tagging. "Kedua hal ini memastikan perusahaan akan mendapatkan data absensi yang paling akurat," kata dia.

Gordon Enns mengatakan pihaknya memahami pentingnya melakukan absensi online tanpa kontak langsung. “Seperti yang telah kita ketahui, pandemi Covid-19 memiliki dampak yang amat sangat besar terhadap ekonomi global, terutama Indonesia. Mengetahui hal ini, kami terus menerus menyempurnakan fitur absensi online yang memungkinkan karyawan untuk merekam kehadiran secara online tanpa kontak langsung dengan benda lain,” kata dia.

Fitur pengelolaan kinerja merupakan salah satu solusi yang ditawarkan GreatDay HR bagi perusahaan yang khawatir produktivitas karyawan menurun karena bulan puasa yang dilanda Covid-19 ini. Dengan fitur ini, perusahaan dapat memantau perkembangan performa karyawan berdasarkan target atau key performance indicators (KPI) yang ditetapkan di awal. Perusahaan dapat mengakses fitur ini kapan saja dan dapat langsung memberikan komentar terhadap kinerja karyawan tepat saat dibutuhkan.

Jika perusahaan membutuhkan bukti secara fisik bahwa karyawan memang bekerja seperti seharusnya, mereka dapat menggunakan fitur rekaman aktivitas. Atasan dapat memberikan tugas kepada karyawan pada lokasi tertentu dan dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

Dia menjelaskan semakin terlibatnya seorang karyawan dalam perusahaannya, semakin meningkat produktivitas mereka. Sebuah studi bahkan menemukan karyawan dapat menjadi lebih produktif hingga 55% ketika memiliki hubungan personal dengan perusahaannya. "GreatDay HR memahami ini dan itulah mengapa fitur media sosial internal dikembangkan," kata dia.

Terdapat berbagai fungsi yang dapat digunakan pada fitur ini untuk meningkatkan keterlibatan karyawan. Contohnya adalah fungsi chat yang dapat memudahkan komunikasi dan interaksi antar karyawan dan perusahaan. Fitur terakhir adalah sistem penggajian GreatDay HR yang dilengkapi pemotongan PPh 21, BPJS, dan berbagai peraturan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah.

sumber : https://www.beritasatu.com/ekonomi/770007/hris-tingkatkan-produktivitas-karyawan-saat-ramadan-dan-pandemi

Post a Comment

0 Comments