5 Kunci Keberhasilan UMKM Bertahan Selama Pandemi

AKURAT.CO Survei LPEM UI dan UNDP di tahun 2020 menyatakan lebih dari 88 persen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengalami penurunan margin keuntungan selama pandemi. Lantas, bagaimana cara agar UMKM bertahan di 2021 ini?


Ekonom Universitas Indonesia dan Direktur Eksekutif Next Policy, Fithra Faisal melihat sebenarnya ada peluang besar bagi UMKM untuk bangkit. Adanya vaksinasi jadi salah satu faktornya.

Ia pun mengajak pelaku UMKM untuk melihat para UMKM lain yang berhasil bertahan. Menurutnya, para “penyintas UMKM” ini patut menjadi contoh.

Dilansir dari Smartmoney, rupanya ada beberapa hal yang menjadi kunci keberhasilan pelaku UMKM dapat bertahan selama pandemi. Apa saja?

1. Melek Digital

"Sebagian UMKM yang berhasil bertahan itu karena mengandalkan ICT (information, communication, and technology). Adopsi teknologi ini bisa jadi focal point untuk mendongkrak transaksi bahkan hingga ratusan persen,” ujar Fithra.

2. Jalin Kemitraan dengan Layanan Pengiriman Online

Jangan ragu bermitra dengan layanan pengiriman online. Riset GoFood mengungkapkan UMKM yang bermitra mengalami peningkatan penjualan 40 persen.

3. Kolaborasi dengan platform e-commerce

Jangan hanya mulai jualan di e-commerce, tapi terapkan strategi pemasaran yang baik. Permudah orang menemukan produkmu dengan beriklan ataupun branding yang baik di media sosial.

4. Jalankan Promo Kekinian

Buat paket bundling yang menarik. Berikan promo kekinian. Misalnya sekarang tren tanaman, buat activation hadiah tanaman. Lagi tren sepeda, bikin sepeda jadi grand prize. Tren PS5, berikan sebagai hadiah.

5. Pivot ke Kebutuhan Baru

Ambil contoh kopi. Sebelum pandemi orang beli kopi cukup segelas. Tapi saat pandemi dan work from home, ada rasa tak enak bila beli kopi segelas. Maka dari itu, cobalah buat kemasan literan agar keluarga bisa ikut menikmatinya.

Itulah tadi 5 kunci UMKM tetap sukses dan berhasil bertahan selama pandemi. Selain itu, mereka juga menerapkan manajerial digital untuk hal-hal seperti pengelolaan kas. Dengan demikian, bisnis jadi lebih simpel dan modern. []

sumber : https://akurat.co/5-kunci-keberhasilan-umkm-bertahan-selama-pandemi

Post a Comment

0 Comments