4 Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari Agar Tak Menderita Hipertensi, Mengonsumsi Alkohol Salah Satunya

PR DEPOK – Hipertensi atau tekanan darah tinggi seringkali jadi pemicu munculnya beberapa masalah kesehatan seperti serangan jantung dan stroke.


Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari eatthis, berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sekitar 45 persen populasi di Amerika Serikat menderita hipertensi dalam kurun waktu tertentu.

Hipertensi tidak hanya disebabkan oleh faktor genetik saja, tetapi bisa dipicu oleh gaya hidup seperti pola makan misalnya.

Kebiasaan makan memainkan peran penting untuk memicu terjadinya hipertensi pada seseorang.

Berikut empat kebiasaan makan yang harus dihindari agar tak menderita hipertensi, dikutip Pikiran Rakyat Depok dari Eat This.

1. Mengonsumsi makanan yang digoreng secara rutin’

Jika ingin menurunkan kadar tekanan darah tinggi salah satunya dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi makanan yang digoreng.

“Jika Anda mengonsumsi makanan yang digoreng seperti ayam goreng (dan) kentang goreng ... Anda meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes,” ungkap Nicole Weinberg, MD, ahli jantung di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica , California.

“Semua obat di dunia tidak dapat mengimbangi gaya hidup yang tidak baik,” tambah Nicole.

2. Mengonsumsi terlalu banyak sodium

Sodium punya andil dalam mempengaruhi hipertensi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Berdasarkan data dari CDC ada sekitar sembilan puluh persen orang di Amerika Serikat yang mengonsumsi natrium dalam jumlah yang cukup banyak.

“Kurangi asupan natrium maksimal tidak lebih dari 1.500 miligram natrium per hari,” ucap David Cutler, MD, seorang dokter pengobatan keluarga di Pusat Kesehatan Providence Saint John.

3. Meminum alkohol secara rutin

Alkohol tidak hanya dapat merusak organ hati dan ginjal tetapi juga dapat memberikan dampak pada kadar tekanan darah.

Sebuah studi yang dilakukan American College of Cardiology tahun 2019 terhadap 17.000 orang dewasa di Amerika Serikat mengungkapkan fakta bahwa mereka yang mengonsumsi tujuh hingga tiga belas minuman selama sepekan memiliki risiko menaikkan hipertensi jauh lebih besar dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi alkohol.

“Konsumsi alkohol dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal, yang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi,” tutur Spencer Kroll, MD PhD, FNLA, dari The Kroll Medical Group.

4. Mengonsumsi daging secara rutin

Mengurangi konsumsi daging bisa jadi salah satu solusi untuk mereduksi kadar tekanan darah.

Sebuah pertemuan yang dilakukan American Heart Association di tahun 2018 mengungkapkan bahwa memasak daging pada suhu tinggi bisa berpotensi menaikkan risiko hipertensi.

Nah itu tadi empat kebiasaan makan yang sebaiknya dihindari agar tak menderita hipertensi, semoga bermanfaat.***

sumber : https://depok.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-091892394/4-kebiasaan-makan-yang-harus-dihindari-agar-tak-menderita-hipertensi-mengonsumsi-alkohol-salah-satunya?page=3

Post a Comment

0 Comments