3 Penyebab Sembelit Yang Bukan Karena Makanan, WFH Salah Satunya

GridHEALTH.id – Penyakit sembelit selama ini erat kaitannya dengan pola makan tidak sehat yang mengakibatkan pada terganggunya sister pencernaan.


Memang tidak salah, kurang mengonsumsi makanan berserat tinggi dan minum air putih yang cukup umumya adalah penyebab utama masalah sembelit bagi sebagian besar orang.

Tapi jangan salah, sembelit tidak selalu hanya dipicu oleh pola makan.

Nyatanya, ada beberapa kebiasaan di luar makan yang bisa menyebabkan masalah sembelit yang mungkin selama ini luput dari perhatian kita.

Termasuk salah satunya adalah kerja dengan sistem WFH. Bagaimana bisa hal itu terjadi? Mari simak pembahasannya.

1. Duduk terlalu lama

Di era kehidupan modern, bisa dibilang lebih dari separuh lebih waktu di luar jam tidur kita digunakan untuk duduk, baik dalam belajar di sekolah maupun bekerja di kantor.

Apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang, sebagian banyak orang akan lebih banyak lagi menghabiskan waktu untuk duduk karena minimnya mobilitas yang dapat dijalani.

Sekolah metode online dan kerja dengan sistem work from home (WFH) mengharuskan kita untuk duduk di depan komputer dan laptop dalam jangka waktu yang panjang secara terus menerus.

Tapi mungkin tidak banyak dari kita yang tahu, terlalu banyak duduk ternyata dapat menyebabkan sembelit.

Mengapa bisa begitu?

Ternyata ini dikarenakan duduk dalam waktu yang terlalu lama dapat membuat usus besar menjadi bengkok yang menyebabkan tinja sulit dikeluarakan.

Selain itu, menurut penjelasan dr Sius di sela Bincang Sehat RS Siloam Surabaya yang dimuat di Kompas, posisi duduk yang salah dapat memicu pembengkakan tulang ekor yang membuat pembesaran pembulu darah di sekita anus dan menyebabkan sembelit.

Oleh karenanya, sangat disarankan untuk mengambil waktu jeda dari duduk yang terlalu lama dan melakukan peregangan.

Melakukan gerakan squat dan berjongkok juga disarankan karena gerakan-gerakan ini dapat merangang tubuh untuk BAB.

2. Stres

Lagi-lagi, mungkin yang kurang disagka-sangka, ternayata stres dapat mempengaruhi persoalan sembelit.

Oleh karenanya, sangat disarankan untuk mengambil waktu jeda dari duduk yang terlalu lama dan melakukan peregangan.

Melakukan gerakan squat dan berjongkok juga disarankan karena gerakan-gerakan ini dapat merangang tubuh untuk BAB.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan stres dapat memperlambat metabolisme tubuh. Jika sistem metabolisme berlangsung dengan lambat, yang akan terjadi adalah makanan dalam tubuh semakin sulit untuk dicerna.

Jika sudah begitu, masalah sembelit pun tidak dapat dihindari. Belum lagi, jika kita mengonsumsi obat-obatan untuk mengtasi stres dan depresi, hal ini juga dapat semaki merangsang terjadinya masalah sembelit.

3. Konsumsi obat-obatan

Konsumsi obat kimia memang memiliki beberapa dampak kurang baik pada tubuh kita. Apalagi jika tingkat konsumsinya terbilang tinggi.

Salah satu dampak yang disebabkan oleh konsumsi obat-obatan ini salah satunya adalah masalah sembelit.

Daftar obat-obatan yang sering menyebabkan masalah sembelit biasanya adalah obat tekanan darah, obat sakit perut, obat antidepresan dan obat-obatan lainnya.

Contohnya dalam obat sakit perut, ternyata kandungan kalsium yang tinggi dapat memicu masalah sembelit.

Kita bisa memiliki opsi untuk mengonsumsi obat yang kadungannya tidak begitu berpotensi menyebabkan sembelit, tapi asalkan sudah dikonsultasikan dengan dokter. (*)

sumber : https://health.grid.id/read/352695030/3-penyebab-sembelit-yang-bukan-karena-makanan-wfh-salah-satunya?page=3

Post a Comment

0 Comments