Upaya Pemerintah Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Pasca Pandemi Covid-19 dalam Sektor Pendidikan



Kehidupan sehari-hari manusia di dunia sudah sangat berubah. Perubahan ini diakbiatkan oleh virus covid-19 yang memaksa kondisi baru dalam kehidupan. Dalam hal ini, secara menyeluruh kehidupan sosial tercipta suatu tatanan dan kebiasaan baru. Kehidupan manusia dmemasuki ruang bernama Normal Baru atau New Normal. Suatu kondisi kegiatan dan kebiasaan sosial masyarakat atau perilaku individu dalam aspek pendidikan dan kehidupan yang muncul setelah covid-19 selesai.

Revolusi merupakan suatu perubahan kebiasaan masyarakat umum yang menyangkut pokok-pokok kehidupan bermasyarakat secara singkat. Sejarah revolusi terbagi menjadi 4 bagian, dimulai dari industri 1.0, 2.0, 3.0 dan 4.0. Fase ini merupakan perubahan yang benar-benar terjadi. Pada saat ini revolusi sudah mencapai keempat dimana sedang mengalami puncaknya, dengan munculnya teknologi digital yang sangat berdampak kepada kehidupan manusia diseluruh dunia. Hasil riset yang telah dilaksanakan menyatakan bahwa industri 4.0 membawa pengaruh terhadap sumber daya manusia dan pendidikan. Muncul beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku pendidikan dalam menjalani pendidikan serta kehidupan sehari-hari.

Karakteristik dari revolusi industri 4.0 diawali dengan munculnya teknologi-teknologi terapan, salah satunya adalah sistem teknologi dan informasi yang mampu mendorong segala proses aktivitas ekonomi dan pendidikan. Perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat pesat mengakibatkan akibat yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Salah satunya teknologi internet yang dapat menghubungkan jutaan manusia diseluruh dunia dan juga bisa menjadi akses transaksi perdagangan dan transportasi secara online.

Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan yang penting bagi manusia di dunia ini, pendidikan juga merupakan salah satu hal yang penting dalam perkembangan kehidupan bangsa Indonesia. Selama ini pendidikan di Indonesia sudah cukup sangat baik, namun akhir-akhir ini pendidikan di Indonesia menjadi perdebatan yang cukup menarik untuk dibahas. Karena pandemi yang dialami oleh seluruh dunia menghasilkan dampak tersendiri untuk kelanjutan pendidikan di dunia. Indonesia adalah salah satu negara yang terkena dampak tersebut. Indonesia saat ini menerapkan New Normal, yaitu kebiasaan baru, dan juga pendidikan termasuk kedalam New Normal tersebut.

New Normal dalam aspek pendidikan di Indonesia adalah dengan melaksanakan program kuliah online. Banyak sekali argumen-argumen yang selalu memperdebatkan masalah kuliah online tersebut karena banyak yang beranggapan kuliah online itu sangat tidak efektif, karena kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh tenaga pengajar dengan orang-orang yang diajar, sehingga pembelajaran tersebut tidak akan tersampaikan dengan maksimal.

Dalam konteks revolusi industri 4.0 perguruan tinggi adalah salah satu jenjang pendidikan yang diharapkan menjadi instrumen untuk pemajuan potensi bangsa berbasis digital dengan mendorong SDM yang ada di Indonesia untuk memenuhi kualifikasi kompetensi baik dari teknologi ataupun segala macam bentuk bidang akademi.

Salah satu model pembelajaran online yang sejalan dengan revolusi industri 4.0 saat ini adalah "blended learning". Model pembelajaran ini menurut para ahli sangat baik sekali dilakukan pada saat ini, karena proses pembelajaran yang dilakukan bukan hanya sekedar tatap muka saja, namun digabungkan dengan model e-learning yang menggunakan media teknologi pada masa kini dengan memanfaatkan jaringan internet. Metode pembelajaran ini sangat cocok dengan kondisi dan situasi yang sedang dialami oleh Indonesia. Model pembelajaran ini tidak selalu berada diruangan kelas seperti pembelajaran pada umumnya, tetapi dapat dilaksanakan di tempat-tempat lain atau diluar kelas supaya tidak cepat jenuh dan sangat efektif. Karena saat ini sedang terjadi masa pandemi Covid-19 mungkin kegiatan-kegiatan yang seharusnya dijalankan di sekolah atau kampus jadi tidak dapat di jalankan, karena para pelajar berada 24 jam dirumah, melakukan kegiatan belajar dan sekolah melalu media online.

Teknologi dalam dunia pendidikan merupakan suatu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan banyak hal seperti prosedur, peralatan, dan juga organisasi yang berfungsi untuk menganalisis sebuah masalah dan memecahkan masalah tersebut yang berhubungan dengan aspek belajar manusia.

Penggunaan teknologi pada zaman sekarang sudah sangat tidak asing lagi. Termasuk pada masa pendidikan saat ini yang mampu menjadi awal terlahirnya teknologi dalam dunia pendidikan. Sudah sangat diharapkan jika pendidikan dapat memanfaatkan teknologi dalam mempermudah pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Teknologi dalam dunia pendidikan merupakan suatu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan banyak hal seperti prosedur, peralatan, dan juga organisasi yang berfungsi untuk menganalisis sebuah masalah dan memecahkan masalah tersebut yang berhubungan dengan aspek belajar manusia. Alat-alat teknologi dalam dunia pendidikan dapat mengubah peran guru dan dapat mempermuda para guru dalam menyampaikan materi kepada murid-murid. Namun perananan guru tidak akan bisa di tiadakan dan tidak akan bisa digantikan dengan alat-alat canggih.

Dengan berlangsungnya pembelajaran dengan metode "blended learning" ini mengakibatkan kurangnya motivasi dan semangat dalam belajar. Hal tersebut diakibatkan oleh rasa malas yang dirasa para pelajar yang mulai muncul akibat tidak langsung diawasi oleh para pengajar, dan ketidakpahaman akan materi yang disampaikan. Terkadang para pelajar mencari sumber lain untuk bahan mereka mempelajari materi-materi yang disampaikan sehingga mengakibatkan ketidakyakinan itu sendiri akan jawaban yang mereka temukan.

Oleh karena itu, seharusya dengan pembelajaran online yang dilakukan sekarang ini perlu adanya pengawasan lebih terhadap para pelajar supaya mereka benar-benar menangkap dan menerima materi yang diberikan dengan baik, tetapi juga harus ada kesadaran diri dari masing-masing pelajar agar mereka fokus dan mempelajari materi-materi yang sudah diberikan dan mencari referensi lain untuk mendapatkan pemahaman lain tentang materi yang disampaikan.

Sumber : https://www.kompasiana.com/rdmuhamadhaikalyasin/6087b2ec8ede482b59348052/upaya-pemerintah-menghadapi-revolusi-industri-4-0-dan-pasca-pandemi-covid-19-dalam-sektor-sosial-dan-pendidikan?page=all#sectionall

 

Post a Comment

0 Comments