Ramadhan 4.0, Bulan Quran Digital

Umat muslim membaca Alquran digital dengan menggunakan telepon pintarnya di Masjid Al Markaz Al Islam, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (14/4/2021). Memasuki bulan Ramadhan umat muslim memperbanyak ibadah dengan membaca Al Quran dan melaksanakan shalat sunah guna menambah amalan ibadah.


REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Rakhmad Zailani Kiki; Kepala Lembaga Peradaban Luhur (LPL), Koordinator Litbang LDTQN Pontren Suryalaya Jakarta

Ramadhan di era industri 4.0, terlebih di saat pandemi Covid-19 yang membatasi interaksi antar manusia dalam semua aktivitasnya, menjadikan umat Islam harus mencari alternatif dalam belajar Alquran dengan beralih kepada layanan aplikasi Alquran digital.

Apalagi aternatif ini mendapatkan landasan hukum dibolehkan, seperti pendapat dari pakar tafsir Prof Dr M Quraish Shihab yang membolehkan membaca Alquran melalui gawai atau handphone.

Saat ini, ada beberapa aplikasi Alquran digital yang merupakan karya anak bangsa Indonesia untuk memudahkan umat Islam belajar membaca dan menghafal Alquran, di antaranya:
Pertama, QuranBest. Kelebihan aplikasi ini adalah lembaran QuranBest persis seperti Alquran cetak. Tampilan lembar demi lembar dibuat semirip mungkin dengan Alquran versi cetak, sehingga akan membuat mata pembacanya nyaman dan betah berlama-lama dalam membaca Alquran. Selain itu, QuranBest dapat mengumpulkan ayat Alquran secara tematik sehingga pembaca dapat membaca kumpulan ayat-ayat Alquran sesuai temanya, misalnya, tentang jual beli, pernikahan, dan lain-lain.

Di QuranBest juga terdapat enam ayat pilihan, yaitu ayat-ayat tentang rezeki dari Allah, larangan riba, tentang cinta, jodoh, solusi hidup, dan juga bidadari surga. Kita juga dapat menambah ayat-ayat pilihan sesuai kebutuhan. Dan yang tak kalah istimewa, QuranBest memberikan berbagai pilihan jenis Alquran yang lengkap.

Kedua. Hatam. Nama Hatam merupakan singkatan dari Hafal Tanpa Menghafalkan. Nama ini bukan sekadar untuk popularitas, tetapi memang menjadi keunggulan utama dan garansi dari aplikasi ini, yaitu kita dapat menghafalkan ayat-ayat Alquran tanpa harus bersusah payah untuk menghafalkannya. Dahsyat bukan? Tentu kedahsyatan aplikasi Hatam ini karena ada beberapa keunggulan di dalamnya, yaitu:

a. Adanya fasilitas audio pengulangan pernapasan dan potongan pendek dari ayat. Kebanyakan aplikasi tahfiz lain hanya dapat mengulang per ayat saja. Sedangkan bagaimana jika ayatnya panjang-panjang? Sebagai contoh QS al-Baqarah: 282, satu ayat satu halaman. Sangat panjang, menghapal pun perlu kekuatan memori yang ekstra dan waktu yang panjang.

Maka, di aplikasi Hatam telah tersedia pengulangan pernapasan dan bahkan perpotongan pendek (satu baris dibagi tiga bagian). Dan bukan hanya itu, pengulangannya pun bisa diputar sesuai keinginan: bisa satu kali hingga ratusan kali. Maka siapa pun yang menghafalkan akan sangat mudah, baik itu balita maupun lansia. Testimoni dari pengguna, yaitu salah satu karyawan Chevron, bahkan di usia 40 tahunan, dia berhasil hafal 5 juz dalam satu tahun, dengan hafalan yang kuat.

b. Irama indah dan terjangkau. Salah satu hal yang mengunci hafalan dan tajwid adalah irama. Diibaratkan dengan membaca Pembukaan UUD, yang kita ulang setiap hari Senin saat sekolah. Jika bertahun-tahun tidak diulang-ulang, maka menjadi lupa. Namun berbeda dengan lagu kebangsaan, seperti Indonesia Raya, 17 Agustus, ataupun Garuda Pancasila. Jarang kita mengulang-ulang, tapi ketika sudah hafal, kita sulit lupa. Itulah kekuatan irama.

Dalam Alquran pun demikian. Saat kita menghafal berikut iramanya, maka hafalan pun akan kuat dan jauh lebih permanen. Saat kita mendengarkan bacaan imam Makkah, Madinah ataupun Timur Tengah, kita pasti bisa merasakan keindahan lantunan bacaannya. Namun saking indahnya, banyak irama yang sangat rendah dan sangat tinggi, sehingga sulit untuk ditiru oleh kebanyakan orang, terutama di Indonesia.

Di aplikasi Hatam, irama telah disesuaikan dengan profil masyarakat Indonesia. Tetap indah, tapi nada terjangkau. Terdapat berbagai Naghomatul Qur’an yang telah diriset khusus untuk orang Indonesia. Sehingga cocok sekali jika Anda ingin menghafal berikut iramanya, sekaligus cocok jika dipakai untuk mengimami shalat.

c. Pengaturan nada dan kecepatan. Jika kita menjadi member premium dari Hatam, yang hanya perlu berdonasi Rp 10 ribu per bulan, donasi dari aplikasi Hatam ini 100 persen dikembalikan kepada umat. Setelah kita upgrade ke member premium, maka kita dapat mengatur tinggi rendah nada dan kecepatan suara, sehingga akan lebih sesuai lagi dengan karakter suara kita. Lalu ada fitur jump to yang akan memudahkan kita untuk menghafal di tengah-tengah ayat yang panjang.

Ketiga, Umma. Aplikasi ini menjadi pas untuk digunakan di saat bulan Ramadhan karena kita bisa mendapatkan poster untuk jadwal imsak dan berbuka, juga jadwal shalat dan arah kiblat. Aplikasi Umma terbilang sangat lengkap dan mudah digunakan berkat sistem antarmuka yang baik dan nyaman untuk menunjang kebutuhan umat islam.

Tentu saja fitur yang paling penting dari aplikasi Umma adalah Alquran. Umma menyuguhkan versi Alquran yang berbeda dengan aplikasi lainnya. Yaitu berhuruf besar dan bertajwid, sehingga mudah dan jelas untuk dibaca. Di dalamnya pun terdiri atas berbagai topik dan tema Alquran, baik itu tentang moral, yang terdiri atas sabar, infak dan sedekah, jujur, memaafkan dan janji. Juga ayat-ayat tentang akhlak, hubungan sosial, alam ghaib, kiamat dan setelahnya, keislaman, pengetahuan dan seni, tempat bersejarah, dan masih banyak topik lainnya. Semuanya terangkum dengan apik dan nyaman untuk dibaca.

Fitur lainnya yang istimewa dari Umma adalah doa-doa, uClass (berisi tentang pembelajaran secara daring), uForum (berisi diskusi dengan topik yang menarik), dan uVoice (berisi kajian-kajian dari berbagai dai dan muballigh Tanah Air).

Tentu dalam menggunakan aplikasi ini kita harus tetap menjaga adab layaknya adab ketika kita membaca dan menghafal Alquran melalui mushaf karena bagaimanapun yang kita baca dan hafal adalah ayat-ayat Alquran dan saya telah menuliskan tentang masalah adab membaca Alquran di Republika yang sampai saat ini masih dapat dibaca di Republika Online.

Selamat menikmati aplikasi Alquran digital ini. Semoga Ramadhan kita tahun ini penuh berkah dan pahala bersama Alquran. Aamiin.

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/qs248h412/ramadhan-40-bulan-quran-digital
 

Post a Comment

0 Comments