Powerpoint Sebagai Media Inovatif dan Menyenangkan

 


“Pembelajaran jarak jauh tidak terjadi bagi setidaknya 463 juta anak yang sekolahnya ditutup akibat Covid-19 “Jumlah besar anak yang pendidikannya terhenti selama berbulan-bulan dan tanpa kepastian menunjukkan situasi darurat di sektor pendidikan.

Konsekuensi situasi ini akan terasa, baik dari segi ekonomi maupun oleh masyarakat, selama beberapa dekade ke depan.” ,” ujar Henrietta Fore, Direktur Eksekutif UNICEF. (New York, 27 Agustus 2020)

Menghadapi era globalisasi yang penuh tantangan dewasa ini, maka peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan fokus pembangunan yang semakin penting. Memasuki awal ajaran baru tahun 2021, segala persiapan telah direncanakan memasuki era baru, atau New Normal.

Pemberlakuan fase new normal ini merupakan pola hidup baru di tengah pandemi virus Corona di Indonesia.Selama diberlakukan masa era baru atau new normal, aturan kebijakan dan aturan protokol kesehatan covid-19 tetap diterapkan, termasuk, di sektor pendidikan.

Dimana pada pertengahan bulan Juli 2021, sektor dunia pendidikan dibuka kembali dimasa new normal. Tentunya, lembaga pendidikan wajib mentaati segala peraturan kebijakan pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan covid-19, jika pemerintah nantinya akan membuka kembali aktivitas pendidikan di masa new normal.

Mengingat, satu tahun ini penyebaran covid-19 masih belum berakhir. Oleh karena itu, jika hal ini tetap dilaksanakan, maka, perlu adanya kesiapan yang benar-benar matang. Dengan adanya upaya persiapan pendidikan dimasa new normal ini.

Era new normal tentunya pendidikan atau guru menyiapkan berbagai perangkat pembelajaran termasuk media yang digunakan, pembelajaran yang dilakukan secara daring dan luring tentunya menuntut kreativitas yang cukup bervariasi.

Kegiatan pembelajaran merupakan proses kegiatan belajar dan mengajar, yang terdiri dari guru dan siswa dengan tujuan pematangan intelektual, kedewasaan, emosional, moral dan sebagainya. Relasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran ini sangat menentukan keberhasilan pembelajaran yang diselenggarakan lembaga pendidikan.

Berdasarkan permasalahan di atas solusi yang dapat ditawarkan menghadirkan sebuah model pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif dan menyenangkan dengan menggunakan media powerpoint yang disertai dengan gambar dan warna-warna yang menarik.

Power point adalah salah satu program ciptaan microsoft corporation, yang termasuk didalam microsoft office. Berbeda dengan microsoft word dan excel. Microsoft power point lebih cenderung simple dan tidak terlalu susah untuk dipelajari.

Microsoft power point biasanya berguna untuk keperluan presentasi, dan sarana penyampaian sesuatu hal kepada orang lain, agar orang lain tau dan mengerti apa maksud dari presentasi tersebut. Dikarenakan powerpoint digunakan untuk keperluan presentation, maka powerpoint dilengkapi dengan fasilitas seperti:Design: digunakan untuk memberi background pada slide, disitu kita bisa memilih background yang kita sukai dan juga masih banyak lagi dan juga kita bisa mengganti warna huruf, styles dan masih banyak lagi Animations: digunakan untuk memberi efek seperti slide bergerak, tulisan bergerak, serta durasi waktunya dll.

Hasil uji coba yang dilakukan, model pembelajaran inovatif dan menyenangkan berbasis Powerpoint ini sangat praktis dilaksanakan. Hal ini terbukti dari hasil wawancara dengan para siswa bahwa dengan adanya model pembelajaran inovatif dan menyenangkan ini sesuai dengan keinginan siswa, fleksibel, menarik, dan gambar yang ditawarkan mudah dipahami.

Lebih lanjut model pembelajaran inovatif dan menyenangkan ini berbasis powerpoint ini juga sudah dinilai oleh para ahli pembelajaran, ahli bahasa, ahli desain, dan ahli evaluasi. Para ahli ini berpendapat, bahwa dari sudut metodologi pengembangan, landasan teori yang digunakan, dan hasil yang dicapai sudah benar sesuai dengan kaidah-kaidah sebuah penelitian ilmiah.

Hasil uji efektivitas model pembelajaran inovatif, menyenangkan ini mampu mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan sebelumnya dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang diberikan yaitu kemampuan atau keterampilan siswa meningkat.

Semua ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inovatif dan menyenangkan berbasis Powerpoint yang diberikan dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran di samping model pembelajaran yang lainnya yang sudah ada sebelumnya.


Sumber: Powerpoint Sebagai Media Inovatif dan Menyenangkan - Portal Berita Singgalang (hariansinggalang.co.id)

Post a Comment

0 Comments