Kepengurusan PB HMI Resmi Dilantik, Ini Tiga Program Utamanya

Dr. Suryadi, M.Pd. sebagai wakil dari asosiasi APMAPI (Asosiasi Program Studi Manajemen dan Administrasi Pendidikan Indonesia) dan ISMAPI (Ikatan Sarjana Manajemen dan Administrasi Pendidikan Indonesia) menguatkan agar Kurikulum Prodi AP SPs Unpak sudah saatnya internasional oriented. Agar lebih kompetitif dan sesuai dinamika pendidikan. “Mungkin sudah saatnya mata kuliah yang tidak mendukung kebutuhan lulusan ditiadakan. Harus lebih berskala internasional. Termasuk perlu menadikan manajemen proyek sebagai mata kuliah di Prodi AP” tegas Ketua Prodi S3 Manajemen Pendidikan UNJ.

Sebagai pengguna kurikulum, Drs. Agus Rohiman, M.Pd. menyatakan bahwa lulusan Prodi Administrasi/Manajemen harus diperkuat dengan kemampuan berpikir kritis dan filosofis. Bila perlu punya kemampuan meneliti dan pengolahan data berbasis digital. “Saat ini di sekolah saya, banyak lulusan Prodi AP Unpak. Semuanya bisa bekerja dengan baik, namun ke depan harus diperkuat dengan kemampuan berpikir kritis, meneliti, pengolahan data digital, dan pembelajaran berbasis masalah” tikas pria yang juga Ketua Forum Komunikasi Kepala Sekolah Swasta (FKKS) Kabupaten Bogor.
Untuk itu, Ir. Hendarman, Ph.D sebagai wakil dosen menyampaikan beberapa hal tentang kurikulum Prodi AP SPs Unpak yang perlu diperkuat, antara lain: visi yang jelas, suasana akademik, mata kuliah yang sesuai pasar, dan proses pembelajaran. “Maka ahasiswa harus dibekali kemampuan analisis masalah dan pengambilan keputusan yang mumpuni. Di samping kemampuan evaluasi dan pembelajaran yang berbasis masalah. Sehingga tercipta suasana akademik yang aman, sehat dan menyenangkan (ASN)” papar pria yang menjabat sebagai Kepala Pusat Penguatan Karakter, Kemendikbud ini.

Sementara itu, Firminus Topalik, M.Pd yang mewakili alumni meminta agar kurikulum Prodi AP SPS Unpak lebih banyak memperkuat kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antara mahasiswa dan dosen serta banyak melakukan studi banding ke luar negeri. Sedangkan Nurlaeli Agustin, S.Pd yang merupakan wakil dari mahasiswa menyampaikan agar kurikulum Prodi AP SPS Unpak lebih banyak memperkuat pembelajaran dalam jaringan LMS dan penguatan landasan teori administrasi/manajemen.

Sebagai penutup, Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si, WaDek SPs Unpak menyampaikan apresiasi dan pentingnya melakukan peninjauan kurikulum melalui tim kurikulum Prodi AP. Agar bisa lebih kompetitif, beroreinetasi internasional, dan presisi dengan kebutuhan lulusan.

Sumber : https://kumparan.com/syarif-yunus/siapkan-kurikulum-presisi-prodi-s2-administrasi-pendidikan-unpak-gelar-fgd-1vcZfTP0aY3/full
 

Post a Comment

0 Comments