Ini Cara Fashionpreneur Bertahan di Era New Normal


Elemen terpenting dalam melahirkan sebuah brand fashion adalah bagaimana menentukan brand DNA yang unik dan impactful. Esensi inilah yang menjadi kunci sebuah label fashion bisa bertahan terhadap kondisi apapun mulai dari resesi ekonomi hingga pandemi global.

Desainer muda berbakat Amot Syamsurimuda membagikan cara praktis untuk membentuk brand DNA dengan 4 langkah penentuan yaitu, nilai authentic brand, konsistensi yang responsif, penentuan brand strategi yang kuat dan keunikan dalam brand differentiations.

"Keempat langkah tersebut merupakan key message yang mendukung terciptanya sebuah brand DNA yang menjadi identitas dari sebuah label fashion," kata Amot dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/4/2021).

Amot menambahkan, brand identity merupakan sesuatu yang harus dipahami (You Know It) dan harus terus dibangun (You Build it) secara konsisten.

"Brand DNA itu bisa dibentuk dengan pemahaman mendalam dari creator brand tentang apa yang akan dipersembahkan kepada konsumen dan tentunya cara kreatif dalam membangun brand menjadi bisa diminati oleh target sasaran,” tambahnya.

Founder The Bespoke Fashion (TBF) Consultant Indonesia, Melinda Babyanna mengatakan, selama mendampingi fashionpreneur di The Bespoke Fashion Consultant, penentuan brand DNA merupakan hal mendasar dan fundamental yang harus ditentukan agar perjalanan eksistensi brand terarah, memiliki value, identitas yang akan membuat label tersebut unik dan memiliki impact.

"Brand DNA akan memperkuat langkah strategis yang dibuat untuk kelanjutan brand development dan improvisasi karakter brand dalam perjalanannya. Ketika sebuah brand sudah paham apa yang menjadi brand DNA, maka lebih mudah untuk menentukan perencanaan taktikal dan strategis selanjutnya," jelasnya.

Adapun beberapa brand yang sudah diluncurkan dengan pendampingan dari TBF Consultant dengan brand DNA yang kuat adalah Kind Denim, Malaika, By Dino.

Melinda mengatakan, Kind Denim dengan eksistensi kuat dalam menciptakan sebuah sustainability denim dan Malaika serta By Dino sebuah conscious brand yang berkontribusi besar untuk kelanjutan ekosistem lingkungan.

"Pada intinya brand DNA harus dimiliki sebagai 'nyawa' dari sebuah label untuk bisa bertahan dalam kondisi apapun serta memberikan value dalam eksistensinya. Kami sudah membantu 16 para fashionpreneur untuk bisa eksis secara kreatif dan mumpuni dalam membangun brand DNA hingga launching," tegasnya.

Sumber: https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/756799/ini-cara-fashionpreneur-bertahan-di-era-new-normal

Post a Comment

0 Comments