Dianggap Sektor Penting, Kemenperin Beberkan Peran Industri Otomotif Bagi Perekonomian Negara

 


GridOto.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang, menyebut industri otomotif merupakan salah satu sektor andalan di Indonesia. Menurutnya, sektor otomotif memberikan kontribusi yang begitu besar bagi perekonomian nasional.

"Sebanyak 21 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih telah beroperasi di Indonesia. Sektor ini telah menyumbang nilai investasi sebesar Rp 71,35 Triliun, dengan total kapasitas produksi mencapai 2,35 juta unit per tahun," ucap Menperin, Rabu (28/4/2021).

Selain itu, Agus juga menjelaskan bahwa industri otomotif mampu menyerap banyak tenaga kerja dan setidaknya saat ini ada 1,5 juta orang yang bekerja dalam rantai industri ini.

Dari sisi produksi, Agus mengungkapkan kalau kendaraan roda empat buatan dalam negeri sejauh ini telah diekspor lebih dari 80 negara di dunia.

Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh bagi perekonomian Tanah Air.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang.Kemenperin.go.id
"2020 ekspor kendaraan CBU sebanyak 232.017 unit atau senilai Rp 41,86 Triliun. Sedangkan ekspor CKD sebanyak 53.030 unit atau senilai Rp 1,23 Triliun," jelasnya.

Karena memiliki dampak penting, Agus menyatakan pemerintah telah memasukkan sektor otomotif ke dalam peta industri 4.0.

"Industri otomotif dinilai memiliki dampak yang penting dan strategis sehingga dimasukan ke dalam peta jalan making indonesia 4.0 yang mendapat prioritas pengembangan dalam implementasi industri 4.0," tutupnya.

Sumber : https://www.gridoto.com/read/222672249/dianggap-sektor-penting-kemenperin-beberkan-peran-industri-otomotif-bagi-perekonomian-negara





Post a Comment

0 Comments