Konsep Baru di Era New Normal, Pekan Raya Biologi 2021 Siap Cetak Generasi

Riauaktual.com - Sebagai calon guru yang bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa, para mahasiswa Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau senantiasa meningkatkan budaya berprestasi. Hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang berkarakter saintis dan mampu mengasah soft skill yang dimiliki melalui cabang-cabang perlombaan.


Setelah sukses dengan Pekan Raya Biologi (PRB) 2020 lalu, PRB 2021 hadir kembali untuk para calon saintis muda yang siap berlomba dan mengasah kemampuan di ajang yang bergengsi ini.

PRB merupakan metamorfosis dari Olimpiade Sains Biologi (OSB) SMP-SMA se-Riau yang secara rutin diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UR setiap tahunnya.

Ajang ini menguji kemampuan akademik siswa SMP-SMA dalam bidang biologi. Dalam
perkembangannya, ajang bukan hanya menguji kemampuan kognisi dan praktik siswa SMP-SMA, tetapi juga menampilkan karya kreatif siswa dalam berbagai bidang terkait dengan biologi.

Rangkaian perlombaan PRB tahun ini berbeda dibanding tahun lalu mengingat Indonesia dari berbagai wilayah masih berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Ada beberapa cabang perlombaan yang tidak bisa dihadirkan dikarenakan adanya keterbatasan yang harus dipatuhi.

Namun, beberapa perlombaan yang esensial seperti Uji Kompetensi Tertulis (SMP- SMA) dan Cepat Tepat (SMP-SMA) se–Riau akan tetap diadakan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Farhan Ali selaku Ketua Pelaksana PRB 2021 panitia saat ini sedang mempersiapkan mekanisme perlombaan dengan konsep yang baru, tidak menutup kemungkinan bahwa cabang lomba yang biasanya diadakan secara langsung, akan dilaksanakan secara daring.

“Meskipun, dilakukan secara daring, Saya berharap nilai-nilai kompetisi dan sportivitas tetap terjaga, agar tidak mengurangi esensi dari tiap cabang perlombaan. Kita selalu ingin berikan yang terbaik, karena ini juga membawa nama kampus khususnya Program Studi Pendidikan Biolog,” tutur Farhan.

Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Ibu Dr Sri Wulandari, M.Si. menjelaskan bahwa PRB tetap akan diadakan meskipun di kondisi pandemi dan quot.

"Jangan jadikan pandemi sebagai penghalang untuk terus berinovasi tapi jadikan momen ini untuk mengembangkan potensi yang kita miliki dan quot," tuturnya.

Lebih lanjut ia juga berharap PRB dapat dijadikan sebagai ajang untuk bangkit di masa pandemi ini.
PRB 2020 lalu melahirkan juara di tiap lomba yang diberikan.

SMP Dharma Yuda Pekanbaru meraih juara umum untuk tingkat SMP, sedang juara umum di tingkat SMA diraih oleh SMA 1 Tualang. Tahun lalu lebih dari 1000 peserta antusias mengikuti ajang perlombaan yang sangat bergengsi ini.

Stand pendaftaran untuk PRB 2021 dibuka bulan April ini. Farhan berharap tahun ini antusias dari peserta tidak turun dari tahun tahun sebelumnya meski perlombaan dikonsep secara berbeda.

Akan banyak ilmu dan pengalaman baru yang kamu dapatkan di Pekan Raya Biologi 2021. Ayo persiapkan dirimu untuk bulan Juni nanti! Buktikan bahwa kamu adalah saintis muda Indonesia!

sumber : https://riauaktual.com/news/detail/68735/konsep-baru-di-era-new-normal-pekan-raya-biologi-2021-siap-cetak-generasi.html

Post a Comment

0 Comments