Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dimasa Pandemi COVID-19

Dimasa new normal atau kondisi baru yang secara bertahap memperbolehkan kegiatan diluar rumah kembali dilakukan masih membawa kekhawatiran sendiri.

Kekhawatiran masyarakat berakar dari wabah COVID-19 di Indonesia yang sampai sejauh ini masih juga belum mereda.

Dengan menghadapi New Normal dalam keadaan pandemi yang masih belum mereda, khususnya masyarakat Indonesia diharuskan menjaga kesehatan tubuh serta tetap melakukan social distancing hingga COVID-19 benar-benar menghilang dan kondisi kembali seperti semula.

Berikut beberapa cara menjaga Kesehatan tubuh dimasa pandemi COVID-19

1.Olahraga Rutin Meski Di Rumah

COVID-19 bisa menyerang siapa saja. Supaya anda tidak mudah terjangkit, pastikan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh meningkat.

Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah tidak menghilangkan kebiasaan olahraga meski berada ditengah pandemi.

Anda tidak harus berolahraga setiap hari. Berolahragalah minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit.

Walaupun New Normal sudah mulai memboleh kanan dan menjalankan aktivitas diluar, sebaiknya tetap lakukan olahraga dirumah untuk meminimalisir bertemu banyak orang, sehingga mengurangi risiko tertular virus COVID-19.

2.Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Perlu anda ketahui bahwa 80 persen selimun ada disaluran pencernaan. Hal tersebut memberi makna bahwa konsumsi makanan bergizi memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi anda tercukupi, bisa anda lakukan dengan memasak makanan sehat sendiri.

Makanan yang akan dikonsumsi tentu harus memenuhi gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral hingga suplemen penambah daya tahan tubuh.

3.Meluangkan Waktu Untuk Me Time

Pemberlakuan new normal dapat menuntut anda untuk kembali menjalankan aktivitas, meski ditengah pandemi yang mungkin bisa membuat stres.

Stres akan memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh anda, sehingga dapat menyebabkan sakit. Sehingga memastikan mental atau rohani anda tetap sehat perlu dilakukan.

Anda bisa me time dengan mendengarkan musik relaksasi, membaca buku, menyanyi, menonton film favorite, hingga memasak. Anda juga bisa menyalakan lilin aroma terapi yang bisa membuat diri anda tambah rileks.

4.Selalu Menjaga Kesehatan

Supaya anda tidak mudah terserang virus maupun jatuh sakit selama new normal, tetaplah jaga kebersihan terutama saat beraktivitas diluar.

Jagalah selalu kebersihan tangan anda saat beraktivitas diluar dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun anti-bakteri atau anda dapat menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 persen dan moisturizer agar tangan tetap lembab.

Anda juga perlu memerhatikan kebersihan benda-benda disekitar cara nya yang bisa anda lakukan dengan menyemprotkan cairan antiseptik pada benda-benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, kranair, sampai saklar lampu.

5.Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Meskipun anda secara bertahap mulai diperbolehkan beraktivitas diluar rumah, anda tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.Selain mengenakan masker dan sering membersihkan tangan, anda harus tetap menjaga jarak aman dengan sesama.

Pandemi COVID-19 ini memang besar pengaruhnya bagi keseharian masyarakat seluruh dunia. Meskipun berangsur-angsur pulih dengan diterapkannya New Normal, anda tetap harus mematuhi protokol dan menjaga kesehatan. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kehidupan normal segera kembali.

Sumber: CARA MENJAGA KESEHATAN TUBUH DIMASA PANDEMI COVID-19 (saibumi.com)

Post a Comment

0 Comments