Begini, Langkah FBBA Unimus Menyesuaikan Format Pembelajaran di Era Normal Baru


Format pembelajaran di era normal baru dipastikan berubah menyesuaikan kondisi dan situasi  di tengah penyebaran wabah. Namun hal yang masih harus diterapkan adalah pemakaian teknologi tepat guna sebagai sarana penyampai materi .

"Alasan ini pula yang menjadikan kami membuat kolaborasi dengan banyak kampus  mencari format terbaik dalam perkuliahan di era new normal. Termasuk ke depan format yang tepat bagi perkuliahan Bahasa Inggris," tutur Dekan Fakultas Bahasa Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Muhimatul Ifadah di sela pembukaan konferensi internasional bahasa dan sastra (4th  English Language and Literature International Conference/ ELLiC) 2021 akhir pekan kemarin.

Acara bertajuk "Creative and Innovative Learning Strategies in The Field of Language, Literature, Linguistic, and Translation in The New Normal Era" itu digelar virtual di Kampus Kedungmundu Raya.

Melalui forum ini kolaborasi ingin dibangun merumuskan metode perkuliahan yang tepat. Diikuti partisipan dari lima negara  Indonesia, Singapura, Thailand, Bangladesh, dan Malaysia forum ini menghadirkan pembicara  Dr (HC) Aslam Khan Bin Samahs Khan (Executive Vice Chairman of ERICAN Education Group, Malaysia, Inggris, China), serta Sabrina Sun He PhD (National Institute of Education Singapura).

Selain itu juga Prof Dr Joko Nurkamto (President of TEFLIN Indonesia), Chomraj Patanasorn PhD (Khon Kaen University -Thailand) serta Prof. Dr Mazura Mastura (Universiti Pendidikan Sultan Idris  Malaysia).

Inovasi teknologi dan kreativitas pembelajaran ikut menjadi menjadi topik hangat dalam konferensi internasional. Forum ini sekaligus memberi dukungan peningkatan kemampuan dan pengetahuan bagi dosen maupun ilmuan bahasa.

Peningkatan kemampuan berhubungan erat dengan pengembangan sumberdaya manusia di lingkungan perguruan tinggi.

Adapun Mazura sempat menyinggung pemanfaatan metode corpus linguistik untuk mendukung pembelajaran maupun penelitian dalam ruang lingkup Bahasa Inggris.

Metode semacam ini dikenal sebagai penggunaan data dari  bahasa yang terkumpul dalam suatu sumber yang disebut bank bahasa. Pemanfaatan model ini juga untuk  menghindari pemakaian bahasa secara sempit.

Wakil Rektor Unimus Dr Budi Santosa memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan konferensi internasional itu. Hal tersebut juga bagian dari membangun atmosfer akademi yang bagus di lingkungan pendidikan tinggi.

Sumber: https://www.suaramerdeka.com/regional/semarang/259594-begini-langkah-fbba-unimus-menyesuaikan-format-pembelajaran-di-era-normal-baru?page=3

Post a Comment

0 Comments