Mengintip Kesiapan Infrastruktur Brisbane, Bakal Host Olimpiade 2032

Stadion Carrara Brisbane Queensland Australia(abc.net.au)

Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland, Australia, digadang-gadang bakal menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas Tahun 2032. Hal itu diketahui setelah Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan Brisbane sebagai kota pilihan digelarnya ajang olahraga bergengsi tingkat internasional tersebut. 

Jika Brisbane terpilih sebagai tuan rumah, untuk ketiga kalinya Australia akan menjadi tempat pesta olahraga paling akbar di dunia. Sementara, Jakarta yang sebelumnya masuk dalam daftar calon tuan rumah mesti menelan pil pahit karena gagal menjadi pilihan.

Brisbane menjadi pilihan sebagai host karena alasan kesiapan infrastruktur, pengalaman menyelenggarakan kegiatan internasional, dan cuaca yang dapat mendukung kegiatan acara. Berikut kesiapan infrastruktur di Brisbane, sebagai calon terkuat tuan rumah Olimpiade 2032: 

1. Sejumlah 19  venue untuk semua cabang olahraga sudah dibangun 

Melansir abc.net.au, Brisbane menyiapkan 31 venue sebagai lokasi kompetisi untuk berbagai cabang olahraga. Keseluruhan venue ini tersebar di tiga lokasi utama yaitu Brisbane 21 venue, Gold Coast enam venue, dan Sunshine Coast tiga venue. Perdana Menteri Queensland Annastacia Palaszczuk mengatakan 85 persen venue tersebut telah dibangun dan siap untuk digunakan. 

"Dari 31 venue, 19 venue sudah ada. Tapi lima di antaranya membutuhkan pekerjaan permanen, lima butuh pekerjaan temporer dan tujuh lokasi baru," kata Annastacia dalam keterangannya seperti dikutip Kompas.com dari abc.net.au, Minggu (28/02/2021). 

Nantinya venue eksisting akan disesuaikan dengan berbagai perubahan terutama dalam menghadapi masa new normal saat ini. 

"Ini adalah kenormalan baru, yang berarti mengubah situasi. Kami tidak harus membangun stadion baru yang tidak akan digunakan pada masa depan," tegas Annastacia. 

2. Dua kampung atlet  

Komite Olimpiade Internasional (IOC) memastikan dua kampung atlet yang berlokasi di Brisbane dan Gold Coast juga sudah terbangun. 

Kedua kampung atlet itu akan menjadi lokasi tinggal para atlet dari berbagai belahan dunia yang bertanding dalam gelaran Olimpiade 2032. Selain dua kampung atlet itu, Brisbane juga akan membangun fasilitas baru, yang diberi label "proyek pembaruan kota tepi laut terbesar di Queensland". 

Fasilitas baru itu tepatnya berada di Albion dan tepi sungai di bagian dalam utara kota, yang diperkirakan dapat menampung hingga 14.000 atlet. Gold Coast akan menyumbang 2.000 tempat tidur melalui hotel yang ada di Surfers Paradise, serta hotel lain di Gold Coast untuk tim ofisial. 

3. Stadion baru Brisbane jadi opsi digelarnya pembukaan dan penutupan 

Stadion baru Brisbane menjadi salah satu opsi digelarnya acara pembukaan dan penutupan Olimpiade 2032. Stadion ini diperkirakan mampu menampung hingga 50.000 orang di Albion Park Raceway di bagian dalam utara Brisbane. 

Namun, pihak IOC juga merekomendasikan Stadion Gabba di Brisbane dan Carrara Stadion di Gold Coast sebagai lokasi untuk gelaran pembukaan Olimpiade 2032. Kedua stadion ini diperkirakan mampu menampung sebanyak 40.000 orang. 

4. Venue akuatik dengan kapasitas 15.000 penonton 

Annastacia megatakan, Brisbane juga memiliki fasilitas venue akuatik yang mampu menampung 15.000 penonton. Venue ini akan digunakan untuk kompetensi renang dan polo air. Selain itu, lokasi akuatik lainnya juga tersedia yaitu di Sleeman Sports Complex atau Gold Coast Aquatic Center. 

Kedua lokasi ini juga telah direnovasi dan pernah digunakan untuk ajang internasional Commonwealth Games 2018. Annastacia menambahkan, Brisbane masih akan membangun sejumlah venue untuk cabang olahraga lainnya. Di antaranya RNA Showgrounds, QEII Stadium di Nathan, Mayne Rodd Rail Yards di Bowen Hills dan Albion Park.


Sumber: Mengintip Kesiapan Infrastruktur Brisbane, Bakal Host Olimpiade 2032 Halaman all - Kompas.com


Post a Comment

0 Comments