Jika Obat Tak Mempan, Ini 5 Tips Aman ke Dokter Gigi di Era New Normal

Tips aman ke dokter gigi selama masa new normal

Siapakah Kawan Puan di sini yang jadi berpikir berkali-kali untuk memutuskan ke dokter gigi di era new normal ini? Karena sebenarnya, bukan prosedur tindakan saat perawatan gigi yang bikin ngeri, tapi kekhawatiran akan keamanan dan protokol kesehatan yang diterapkan di tempat praktik dokter.

Namun, jika obat gigi yang diberikan atas resep dokter melalui konsultasi online tak mempan, PARAPUAN punya tips agar tetap aman ke dokter gigi di era new normal ini. Nah, melansir dari Tabloid Nova Edisi 1713, berikut ini tips aman jika selama masa new normal ini Kawan Puan ingin dan harus ke dokter gigi.

1. Buat Janji Dokter

"Kalau pasien menderita sakit gigi yang akut, sangat sakit, kemudian ada keluhan seperti gusi berdarah, ada faktor trauma sampai gigi patah, segera saja bisa dilakukan tindakan ke dokter gigi. Tapi, untuk lebih baiknya, pasien bisa membuat janji terlebih dahulu,” jelas drg. Noor Hafida W., Sp.KG., dokter spesialis konservasi gigi RSGM Soelastri UMS Solo. 

Dengan membuat janji, kita tidak perlu menunggu lama, sehingga terhindar dari risiko bertemu orang banyak di ruang tunggu. Jangan langsung datang menuju fasilitas kesehatan. Buatlah janji terlebih dahulu dengan dokter gigi. Apalagi jika kondisimu mendesak.

2. Sarana dan Prasarana Faskes

Fasilitas kesesehatan gigi yang memadai biasanya sudah menyediakan alat vacuum aerosol yang berfungsi mengurangi aerosol di udara.

Pasalnya, prosedur medis perawatan gigi menghasilkan banyak aerosol, maka ceklah sarana dan prasana faskes. Aerosol diklaim sebagai salah satu media penyebaran virus corona.

Selain itu, pastikan faskes secara rutin melakukan disinfeksi ruangan, terutama ruang pemeriksaan untuk menjaga keamanan.

3. Jaminan Protokol Kesehatan

Biasanya faskes dengan protokol kesehatan ketat akan memberikan formulir pernyataan kesehatan untuk kita lengkapi sebelum datang. Ingatlah, jaminan protokol kesehatan penting untuk perlindungan diri kita. Kita perlu menanyakan hal ini pada faskes gigi yang kita tuju.

Saat datang, ada prosedur pemeriksaan suhu, registrasi ulang, dan penggunaan alat pelindung diri (APD), terutama gown dan sandal khusus.

“APD ini diberikan untuk meminimalkan paparan kuman pada baju atau anggota tubuh pasien selama dilakukan tindakan. Setelah selesai, gown dan sandal akan dilepas, tidak dibawa pulang oleh pasien,” jelas drg. Fida.

Selain itu, pasien akan diminta berkumur dengan antiseptik kurang lebih sekitar 30 detik sebelum pemeriksaan. Tujuannya untuk menghilangkan bakteri di rongga mulut.

4. Starterpack Lengkap

Kita harus tetap membawa dan menggunakan peralatan khusus, mulai dari memakai masker, membawa masker cadangan, hand sanitizer, serta tisu basah dan tisu kering. Jangan lupa dan lalai untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama di faskes.

5. Langsung Bersihkan Diri

Setelah perawatan, usahakan langsung membersihkan diri, mandi, dan mencuci atau mendisinfeksi semua alat yang mungkin terkena aerosol, seperti baju, tas, atau handphone. Jangan langsung berkontak dengan keluarga sesaat sampai rumah.

Keadaan Darurat

Di era new normal seperti ini, pergi dan memeriksakan ke dokter gigi langsung alangkah baiknya hanya untuk keadaan darurat dan mendesak saja. Karena sebenarnya, kita bisa memanfaatkan layanan konsultasi online kesehatan gigi dan mulut yang disediakan beberapa fasilitas kesehatan (faskes) dan aplikasi kesehatan.

Namun, memang ada kondisi darurat tertentu yang menganjurkan kita untuk langsung mendatangi dokter gigi agar kesehatan gigi kita tak makin parah. Misalnya ketika sakit gigi kita tak bisa sembuh dengan obat, pendarahan hebat pada gigi, gigi patah dan menyebabkan nyeri atau kerusakan jaringan, ada abses gigi atau gusi.

Lalu, trauma yang memengaruhi kemampuan bernapas, perawatan pascaoperasi non mandiri, masalah pada struktur tulang rahang, dan pemeriksaan gigi terkait perawatan kanker. Maka itu, jika sudah tidak tertahankan dan obat pun sudah tak mempan, jangan lupa untuk pastikan lima tips di atas sebelum ke dokter gigi ya, Kawan Puan!


Sumber: Jika Obat Tak Mempan, Ini 5 Tips Aman ke Dokter Gigi di Era New Normal - Halaman 4 - Tribunnews.com

Post a Comment

0 Comments