Indonesia Masuk 10 Besar Negara Paling Dermawan Sedunia

Ilustrasi memberi makanan gratis. (SHUTTERSTOCK/ADDKM)

Indonesia masuk daftar 10 negara paling dermawan di dunia, berdasarkan laporan tahunan World Giving Index (WGI) edisi ke-10. Laporan tersebut disusun oleh Charities Aid Foundation, yang menyelenggarakan survei untuk mengetahui perilaku dermawan masyarakat di berbagai negara. Survei dilakukan terhadap lebih dari 1,3 juta orang di 125 negara, dan disusun berdasarkan data yang dianalisis selama 10 tahun terakhir.

Tren perilaku dermawan dilihat selama masa krisis ekonomi, pemulihan, sampai ketidakstabilan gepolitik di suatu negara tersebut. Tiga aspek yang dinilai dari perilaku dermawan dari masyarakat suatu negara, yaitu membantu orang asing, menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan mengikuti kegiatan amal secara sukarela. Lalu, siapa saja negara yang paling dermawan di seluruh dunia? Indonesia masuk 10 besarnya. Simak selengkapnya daftar berikut ini:

1. Amerika Serikat
Amerika Serikat menjadi negara yang paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 58 persen. Dari responden survei, sebanyak 72 persen mengaku membantu orang asing, 61 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 42 persen mengikuti kegaiatan amal secara sukarela.

2. Myanmar
Myanmar adalah negara paling dermawan kedua di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 58 persen. Dari responden survei, sebanyak 49 persen mengaku membantu orang asing, 81 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 43 persen mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

3. Selandia Baru
Posisi ketiga negara paling dermawan di dunia ditempati oleh Selandia Baru, dengan skor keseluruhan sebesar 57 persen. Dari responden survei, sebanyak 64 persen mengaku membantu orang asing, 65 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 41 persen mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

4. Australia
Australia menempati posisi keempat sebagai negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 56 persen. Dari responden survei, sebanyak 64 persen mengaku membantu orang asing, 68 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 37 persen mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

5. Irlandia
Irlandia berada di posisi kelima sebagai negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 56 persen. Dari responden survei, sebanyak 62 persen mengaku membantu orang asing, 69 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 38 persen mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

6. Kanada
Kanada menempati posisi keenam sebagai negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 55 persen. Dari responden survei, sebanyak 64 persen mengaku membantu orang asing, 63 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 37 persen mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

7. Inggris
Posisi ketujuh negara paling dermawan di dunia ditempati oleh Inggris, dengan skor keseluruhan sebesar 54 persen. Dari responden survei, sebanyak 60 persen mengaku membantu orang asing, 71 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 30 persen mengikuti kegaiatan amal secara sukarela.

8. Belanda
Belanda berada di peringkat kedelapan negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 53 persen. Dari responden survei, sebanyak 53 persen mengaku membantu orang asing, 71 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 36 persen mengikuti kegaiatan amal secara sukarela.

9. Sri Lanka
Sri Lanka menempati posisi kesembilan negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 51 persen. Dari responden survei, sebanyak 55 persen mengaku membantu orang asing, 50 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 46 persen mengikuti kegaiatan amal secara sukarela.

10. Indonesia
Indonesia masuk jajaran 10 besar negara paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 50 persen. Dari responden survei, sebanyak 42 persen mengaku membantu orang asing, 69 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 40 persen mengikuti kegaiatan amal secara sukarela.

Penghasilan negara dan kedermawanan Dari tiga aspek penilaian yang dilakukan oleh tim survei, membantu orang asing diketahui sebagai wujud perilaku dermawan yang paling sering dijumpai. Dalam laporan tersebut, diketahui bahwa 2,5 miliar orang telah membantu orang asing dalam sepuluh tahun terakhir.

Selain itu, 10 negara paling dermawan ternyata berasal dari latar belakang ekonomi, budaya, agama, dan wilayah yang bervariasi. Myanmar, Sri Lanka, dan Indonesia dikategorikan sebagai negara berpenghasilan menengah ke bawah oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Meski demikian, ketiga negara tersebut justru termasuk ke dalam jajaran negara yang paling dermawan. Laporan lengkap World Giving Index oleh Charities Aid Foundation dapat diunduh pada tautan ini CAF World Giving Index 10th Edition.


Post a Comment

0 Comments