Apartemen Ini Terapkan Desain Unit Pasca Pandemi

 

RumahCom – Kalangan pengembang terus melakukan adaptasi terkait desain produk hunian yang ditawarkan. Apartemen The Veranda Lebak Bulus misalnya, membuat ceiling yang lebih tinggi dan jendela besar di dua sisi selain zona fleksibel untuk ruang kerja atau belajar di rumah.

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak adaptasi dan penerapan new normal termasuk untuk konsep hunian. 

Berkegiatan lebih banyak di rumah untuk memutus penularan pandemi telah membuat konsep hunian mengalami perubahan dan berbagai hal itu telah banyak diterapkan oleh pengembang pada produk propertinya.

Menurut Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida, tren pemukiman saat ini dan ke depan akan membutuhkan lebih banyak ruang terbuka dan berbagai fasilitas yang dihadirkan di kawasan pemukiman harus dibentuk selengkap dan sealami mungkin.

“Saat pandemi ini pengembang harus berpikir kreatif dalam mendesain hunian dengan memerhatikan sistem pencahayaan alami, sirkulasi udara, sanitasi, dan lainnya yang baik dan sehat. Rumah harus dipastikan aman bagi seluruh penghuni saat kita beraktivitas lebih banyak di dalamnya,” katanya.

Karena itu pengembang PT Jakarta Indah Makmur (JIM) menerapkan adaptasi itu untuk proyek Apartemen The Veranda di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Menurut Direktur JIM Tomoaki Kinoshita, The Veranda dikonsep dengan menerapkan adaptasi new normal terkait pandemi Covid-19 dengan konsep hunian resort residential.

“Desain unit di The Veranda dimaksimalkan untuk memaksimalkan cahaya alami ke dalam bangunan untuk menciptakan oasis hijau, panorama alam, air, dan udara segar sehingga bisa meningkatkan kesehatan fisik, mental, maupun kualitas hidup penghuni di saat pandemi ini,” ujarnya.

Pengembang proyek ini merupakan konsorsium Nishitetsu Group dan Pulau Intan. Nishitetsu merupakan pengembang asal Jepang dengan pengalaman sejak tahun 1908 dan telah memiliki 85 perusahaan di sektor transportasi, real estat, logistik, ritel, hotel, hingga tempat hiburan. 

Sementara PulauIntan merupakan pengembang nasional dengan kiprah sejak 1990 membangun proyek apartemen, perkantoran, hotel, mal, pergudangan, pabrik, rumah sakit, dan sebagainya. Elis Sumarto, Direktur The Veranda menambahkan, unit residensial yang ditawarkannya merupakan satu-satunya yang mengadopsi lansekap taman resort Bali yang alami di kawasan strategis Lebak Bulus yang kawasannya juga masih menawarkan greenery yang cukup luas.

“Kami menawarkan kenyamanan hunian khususnya saat pandemi ini salah satunya dengan menerapkan zona fleksibel untuk mengakomodasi kebutuhan ruang bekerja dari rumah, area bersama, dan lainnya. Konsep-konsep ini untuk memperkuat dan mengakomodir tren hunian pasca pandemi,” jelasnya.

Proyek ini dibangun di atas lahan seluas 2,3 ha yang mencakup empat tower dengan 47 fasilitas indoor dan outdoor. Penerapan lain terkait hunian sehat yaitu bagian ceiling yang dirancang tinggi dan jendela luas di dua sisi sehingga cahaya maupun udara bisa mengalir lebih banyak.


Sumber: Apartemen Ini Terapkan Desain Unit Pasca Pandemi | Pasar Properti | Rumah.com

Post a Comment

0 Comments