Yuk Intip, Cara Unik Simbol Pengendalian Covid-19

Camat Grogol Petamburan, Didit Sumaryanta memasang bendera kuning sebagai simbol penetapan zona pengendalian penyebaran covid-19 di permukiman warga RW 02 Kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan (Gropet).

Penetapan zonasi covid-19 dimaksudkan agar masyarakat mengetahui lingkungannya ada atau tidak kasus covid-19. 

"Untuk saat ini keterbukaan informasi terkait kasus positif covid-19 sangat penting dalam menekan penyebaran covid-19," kata Didit, Sabtu (13/2/2021).

Melalui penetapan zonasi tersebut, lanjut Didit, tentunya sangat membantu gugus tugas penanganan covid-19 dalam mendapatkan informasi dengan data yang akurat.

Saat ini pemerintah, TNI-Polri telah menyamakan langkah serta kebijakan dalam rangka penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19. 

"Pemerintah, TNI-Polri telah berkolaborasi dalam penanganan suatu bencana seperti membentuk kampung tangguh jaya, dan kampung pancasila yang memiliki tujuan yang sama yakni menekan kasus penyebaran covid-19," jelasnya.

Sementara itu Lurah Wijaya Kusuma, Novi Indria Sari menjelaskan, lingkungan RW 02 Kelurahan Wijaya Kusuma memiliki 19 RT. Dari jumlah tersebut, 14 RT masuk zona hijau, 4 lingkungan RT zona kuning dan 1 RT zona oranye.

Zona hijau berarti wilayah tanpa kasus terkonfirmasi covid-19. Zona kuning berarti wilayah dengan 1 sampai 5 kasus covid-19 dalam kurun waktu 7 hari terakhir.

Zona oranye berarti wilayah terkonfirmasi positif antara 6 sampai 10 kasus, sementara zona merah berarti wilayah dengan 100 kasus terkonfirmasi positif selama 7 hari terakhir. 

"Untuk penanganan zona kuning, kami memperkuat gugus tugas covid-19 tingkat RT dengan memperketat wilayah dalam pelaksanaan gerakan 5M, sekaligus mengawasi dengan ketat bagi warga yang terpapar covid-19 dengan menjalani isolasi mandiri," tuturnya. 

"Gugus tugas covid-19 kelurahan juga berkoordinasi dengan dinas sosial dalam membantu kebutuhan pokok warga yang menjalani isolasi mandiri," pungkasnya. 


Sumber: Yuk Intip, Cara Unik Simbol Pengendalian Covid-19 - Peristiwa | (rri.co.id)


Post a Comment

0 Comments