Smartwatch Amazfit GTR 2e dan GTS 2e, Sehat Sambil Gaya

Amazfit GTS 2e dan Amazfit GTR 2e (Fitraya Ramadhanny/detikINET)

Amazfit hadir dengan dua smartwatch terbaru. Fiturnya lengkap menjawab kebutuhan informasi kesehatan di masa New Normal.

Jam tangan pintar terbaru ini adalah Amazfit GTR 2e dan GTS 2e buatan Huami yang pertama kali hadir di event Consumer Electronic Show (CES) 2021. detikINET berkesempatan mencoba keduanya. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Desain 

Amazfit GTR 2e hadir dengan bentuk bulat klasik. Sedangkan GTS 2e bentuk jamnya adalah kotak dengan sudut lengkung. GTR 2e punya pilihan warna Obsidian Black, Slate Grey dan Matcha Green. GTS 2e punya opsi warna Obsidian Black, Moss Green dan Lilac Purple. Dua unit yang diterima detikINET adalah Obsidian Black. 

Tepian layar kaca jamnya juga melengkung dan tahan gores, membuat keduanya tampak ramping dan mulus. Bodi jamnya berbahan alumunium dengan strap silikon yang enak dipasang di pergelangan tangan.

GTR 2e punya 2 tombol utama yaitu untuk pilihan fitur dan satu lagi khusus untuk pilihan kegiatan olahraga. Sedangkan GTS 2s cuma punya satu tombol untuk pilihan fitur. Selebihnya kedua smartwatch ini bisa diutak-atik lewat layar sentuhnya yang responsif untuk memilih semua fitur yang ada.

Sensor magnetik ada di bagian belakang jam untuk menjalankan fungsinya sambil bersentuhan erat dengan pergelangan tangan penggunanya. Beratnya 32 gram, cukup ringan. Namun beberapa kompetitor memang ada yang lebih ringan lagi.

Jika terbiasa memakai smartwatch yang lebih ringan, mungkin akan terasa agak beda ketika jogging dan tangan mengayun dengan GTR 2e atau GTS 2e. Namun, setelah adaptasi, jadinya tangan akan terbiasa.


2. Layar

GTR 2e punya layar AMOLED 1,39 inchi dengan resolusi 326 ppi, sedangkan GTS 2e layarnya AMOLED 1,65 inchi dengan resolusi lebih tinggi 341 ppi. Ini membuat keduanya punya layar yang jernih dan tajam.

Kedua jam ini punya tingkat kecerahan 450 nits dan saturasi warna mencapai 100% NTSC. Pencet layarnya yang lama dan akan keluar pilihan 8 pilihan watch face, dari sporty sampai artistik.

Totalnya ada 50 watch face yang bisa dipilih dari aplikasi Zepp di smartphone yang pairing dengan smartwatch via bluetooth. Bisa juga menampilkan foto dari galeri jika sudah terhubung.


3. Konektivitas dan Baterai

Proses pairing dengan smartphone juga sangat mudah. Download aplikasi Zepp, lalu pilih devices to pair, pilih watch dengan dua opsi yaitu QR code atau tanpa QR code. Begitu terhubung, Anda bisa melakukan pengaturan lebih terperinci dengan setelan yang pilihannya tersedia di aplikasi. Sinkronisasi data juga tidak butuh waktu lama.

GTR 2e dan GTS 2e punya baterai yang awet. Mereka dilengkapi dengan baterai 246 mAh yang bisa untuk penggunaan selama 14 hari. Pengecasan jam dengan model magnetik yang ditempel di belakang jam.


4. Fitur-Fitur Penting

Yang paling ditunggu dari setiap smartwatch adalah fitur-fiturnya. Amazfit menawarkan fitur yang lengkap untuk membantu penggunanya menjaga kesehatan tubuh.

SPo2

Fitur baru yang menurut detikINET sangat penting di masa New Normal pandemi Corona adalah pengukur SPo2 atau saturasi oksigen dalam darah. Salah satu dampak COVID-19 adalah membuat orang sesak nafas. Nah, GTR 2e dan GTS 2e punya fitur untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah.

Sehingga, Anda bisa mengukur oksigen dalam darah kapan saja. Perlu diketahui, SPo2 harus di atas 90%. Jika Anda kena COVID-19 atau dalam masa isolasi dan mengalami sesak nafas, segera ukur dengan SPo2 Measurement ini. Jika hasilnya di bawah 90%, segera cari bantuan medis. Fitur ini menurut detikINET sangat penting dan berguna.

Heart Rate

Fitur lain yang juga penting adalah pengukur detak jantung. Ada pilihan 24H Heart Rate Tracking dan Heart Rate Warning. Fitur ini bisa jadi pilihan widget di watch face, jadi Anda bisa melirik angka detak jantung setiap saat.

PAI

Personal Activity Intelligence (PAI) adalah skor kesehatan Anda setiap hari. Ia menghitung semua kegiatan aktif mulai dari detak jantung, waktu olahraga, jalan kaki dan lain-lain. Anda harus mengejar poin 100 PAI setiap hari. Saat dicoba detikINET, GTR 2e dan 2s memiliki notifikasi jika Anda berhasil mencapai target PAI.

Fitur Lain dan Aktivitas Olahraga

Fitur lain yang tersedia adalah pengukuran tingkat stress, pantauan tidur, cuaca, musik, alarm dll. GTR 2e dan GTS 2e juga memiliki 90 mode aktivitas olahraga dari aneka jenis lari, bersepeda, olahraga outdoor, indoor, dance, beladiri, dan tentu saja aneka pilihan olahraga air karena keduanya dilengkapi fitur tahan air sampai 50 meter. 


5. Harga dan Kesimpulan

Harga Amazfit GTR 2e dan GTS 2e adalah Rp 2.599.000 di Tokopedia. Sedang ada diskon menjadi Rp 1.899.000. Kesimpulannya, Amazfit GTR 2e dan Amazfit GTS 2e adalah smartwatch yang cocok untuk pengguna yang aktif berolahraga, tapi tetap mau tampil gaya saat dibawa kerja ke kantor atau bersosialisasi dengan teman dan kerabat.

Fitur-fitur kesehatannya cocok untuk menjawab kebutuhan di era New Normal. Ini adalah momen dimana pengguna harus jaga jarak, jaga kesehatan dan memantau kondisi fisik setiap saat dari ancaman pandemi. Fitur pengukur SPo2 akan menjadi andalan sebagai sistem peringatan dini jika tubuh sudah tidak kuat menghadapi COVID-19.


Sumber: Smartwatch Amazfit GTR 2e dan GTS 2e, Sehat Sambil Gaya - Halaman 2 (detik.com)

Post a Comment

0 Comments