Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia Sejalan Dengan Tingkat Dunia

Foto oleh Mardji - Medcom

Perkembangan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, sejalan dengan perkembangan pandemi Covid-19 di tingkat global atau tingkat dunia. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyajikan data perkembangan penanganan Covid-19 tingkat dunia sebagaimana disampaikan World Health Organization (WHO). 

Yang menyatakan bahwa kasus positif Covid-19 tingkat dunia menurun sebesar 17% pada minggu lalu, dan dibarengi penurunan kematian sebesar 10%. 

"Ini sejalan dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia pada beberapa minggu terakhir," jelasnya dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Selasa (16/2/2022) yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia. 

Perkembangan di Indonesia dalam beberapa minggu terakhir juga menunjukkan penurunan kasus positif dan juga penurunan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19.  

Dan  adanya dampak dari kebijakan yang diambil pemerintah yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat kabupaten/kota Pulau Jawa - Bali dalam 4 minggu terakhir, serta dilanjutkan PPKM tingkat desa dan kelurahan (mikro). 

Diharapkan kebijakan tersebut dapat berdampak positif pada perkembangan penanganan Covid-19. Perkembangan positif ini harus terus ditingkatkan. Karena jika perkembangan kasus di tingkat global dan di Indonesia terus secara konsisten mengalami penurunan, maka penanganan Covid-19 di Indonesia akan berhasil dengan tidak adanya penambahan kasus sama sekali. 

"Hal ini membutuhkan kerjasama yang baik dari masyarakat terutama dalam mematuhi Protokol Kesehatan secara disiplin, serta komitmen pemerintah dalam berupaya meningkatkan kualitas testing, tracing dan treatment," pesan Wiku. 

Dan kepada masyarakat yang memiliki pertanyaan terkait Covid-19, dapat bertanya langsung kepada Satgas Penanganan Covid-19. Dengan mengirimkan email di alamat, media@covid19.go.id, dengan subyek "tanya pakar". Pertanyaan yang masuk nantinya akan dijawab melalui kanal sosial media secara berkala. 

Jakarta, 16 Februari 2021

Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional


Sumber: Berita Terkini | Satgas Penanganan Covid-19

Post a Comment

0 Comments