Kapan Pandemi Covid-19 di Indonesia Bisa Terkendali? Ini Penjelasan Epidemiolog Unsoed

Ilustrasi virus corona, Covid-19.(Freepik)

Vaksinasi yang telah dimulai sejak pertengahan Januari lalu diharapkan dapat mengendalikan penyebaran Covid-19 di Indonesia yang telah berlangsung hampir satu tahun terakhir. Lantas kapan pandemi Covid-19 akan terekendali atau mereda? 

Ahli Epidemiologi Lapangan Universitas Jenderal Soedirman ( Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, dr Yudhi Wibowo menjelaskan, berdasarkan analisis skenario dari Imperial College London, pandemi Covid-19 di Indonesia mengalami tren penurunan, baik kasus dan kematian sampai titik terendah sekitar pertengahan Agustus 2021. Demikian juga dengan angka reproduksi efektif (Rt) dapat dipertahankan sekitar 0,8 sampai dengan akhir Agustus 2021. 

"Analisis ini sudah mempertimbangkan proses vaksinasi yang sedang berjalan di Indonesia dan terlihat bahwa vaksinasi sebagai upaya pencegahan spesifik mampu mengendalikan pandemi Covid-19. Dengan catatan vaksin memiliki efikasi 90 persen dan cakupan sebesar 80 persen penduduk," kata Yudhi melalui keterangan tertulis, Rabu (24/2/2021). 

Namun terkait efektifitas vaksin, kata Yudhi, belum dilakukan penelitian, terutama terkait berapa lama vaksin ini mampu memberikan perlindungan kepada setiap individu. 

"Beberapa menginformasikan vaksin mampu memberikan kekebalan selama 5-6 bulan paska vaksinasi. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil analisis skenario tersebut, bahwa akhir Agustus 2021 akan terjadi peningkatan kembali baik kasus dan kematian serta Rt," jelas Yudhi. 

Untuk menghindari peningkatan kasus pada akhir Agustus, maka diperlukan booster vaksinasi yang tentunya akan membutuhkan biaya sangat besar. 

"Oleh karena itu, sangat diperlukan modalitas pencegahan lainnya yaitu apa yang selama ini dikenal sebagai 5M, yaitu memakai masker standar, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjaga jarak minimal 1,8 meter, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas," jelas Yudhi. \

Yudhi menambahkan, target vaksinasi diberikan terhadap 181,5 juta orang atau sekitar 70 persen penduduk Indonesia dalam waktu maksimal 15 bulan. Berdasarkan data per tanggal 19 Februari 2021 sebanyak 1.191.031 orang telah mendapat vaksin dosis pertama dan 668.914 orang mendapat vaksin dosis kedua dengan total yang telah mendapat vaksin sebanyak 1,79 juta orang. Adapun rata-rata harian jumlah suntikan dalam satu minggu terakhir untuk dosis pertama 21.754 orang dan dosis kedua 41.196 orang.


Post a Comment

0 Comments