Aktif Tanggulangi Covid-19, Jasa Tirta II Kampanyekan Budaya K3

Jaasa Tirta II kampanyekan budaya K3.

Jajaran manajemen Jasa Tirta II terus berpartisipasi aktif menanggulangi penularan virus Covid-19,  Termasuk dengan mengaplikasikan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan kerja. 

Sadar akan pentingnya budaya K3, Jasa Tirta melaksanakan lomba penerapan budaya K3 di seluruh unit kerja. Lomba ini telah berlangsung pada 26 sampai dengan 28 Januari 2021, bertepatan pada momentum Bulan K3 Nasional Tahun 2021.  

“Penerapan budaya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) menjadi vital untuk melindungi pekerja dan menjaga keberlangsungan Perusahaan. Saat pandemi dan New Normal, untuk menjaga Perusahaan tetap terus produktif, kita harus tetap sehat, selamat dan aman dengan tetap menerapkan K3 dan mematuhi protokol kesehatan,”ucap Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso dalam sambutannya pada acara Puncak Peringatan Bulan K3 Nasional Jasa Tirta II pada Kamis, 11 Februari 2021 di Gedung Ghra Vidya, Jatiluhur Kabupaten Purwakarta.  

Ia menambahkan, penyelenggaraan Bulan K3 Nasional Jasa Tirta II Tahun 2021 menjadi bagian dari komitmen perusahaan untuk meningkatkan kinerja & peran aktif serta menumbuhkan kesadaran seluruh karyawan akan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja. 

Ke depannya, di era New Normal pola K3 akan disesuaikan dengan protokol kesehatan dan disosialisasikan ke seluruh unit kerja.  Hal serupa disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat Rahmat Taufik Gardasi yang turut hadir dalam acara Puncak Peringatan Bulan K3 Nasional Jasa Tirta II. 

Menurutnya, semangat bulan K3 harus terus digalakan dalam rangka membudayakan K3 di seluruh lingkungan kerja.  K3 merupakan kunci penting keberhasilan usaha dan perlindungan kerja untuk menciptakan kerja yg aman, sehat, dan kecelakaan kerja nihil. 

“Kami berharap Jasa Tirta II dapat mengajak seluruh pekerja dan mitra kerja untuk tetap dan terus menggelorakan pentingnya budaya K3. Tidak hanya terkait dengan sarana dan prasarana juga dengan Sistem Manajemen K3,”kata Rahmat. 

Ia menekankan komitmen pemimpin menjadi faktor utama dan panitia K3 agar tidak bosan untuk mengingatkan budaya k3 sekaligus memberikan kemampuan dalam penanganan K3.

 Keberhasilan penerapan budaya K3 di lingkungan Perum Jasa Tirta II salah satunya dibuktikan melalui penghargaan K3 Tahun 2020 kategori Zero Accident untuk PLTA Ir. H. Djuanda yang dikelola Jasa Tirta II Penghargaan Zero Accident (Kecelakaan Nihil)  diberikan Pemerintah kepada perusahaan yang telah berhasil mencegah terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja tanpa menghilangkan waktu kerja. Sementara itu, mengusung tema 

“Mewujudkan  Insan PJT II berbudaya K3 Untuk Mengoptimalkan Produktivitas dan Pelayanan Kepada Masyarakat”, peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2021 diisi perlombaan penerapan budaya K3 di seluruh Balai Unit Kerja Jasa Tirta II dengan bekerjasama dengan Pengawas  Ketenagakerjaan UPTD Wilayah II Karawang – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Jawa Barat sebagai Tim Penilai perlombaan. 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)


Post a Comment

0 Comments