7 Wisata di Banyuwangi yang Sudah Dibuka, Sambut New Normal & Wajib Dikunjungi

Kawah Ijen, Indonesia. ©2014 Merdeka.com/Panoramio/Dieter Behrens

Wisata di Banyuwangi kini secara bertahap mulai dibuka kembali. Sebelumnya, wisata Banyuwangi ditutup akibat pandemi Covid-19. Pembukaan destinasi wisata di Banyuwangi tentunya disesuaikan dengan protokol kesehatan, sesuai anjuran pemerintah.

Begitu banyak lokasi menarik dan kaya akan legenda. Para wisatawan akan dibuat kagum, terutama dengan fenomena alamnya. Seperti diketahui, selama ini wisata di Banyuwangi didominasi alam yang indah. Hingga menjadi salah satu kota dengan taraf wisata internasional yang wajib dikunjungi.

Ditambah lagi dengan lokasi yang strategis. Kota Banyuwangi terletak di ujung timur Pulau Jawa. Tepatnya terkenal sebagai titik penyeberangan dari menuju Pulau Bali. Membuat daerah ini banyak dilirik, dan menyeruak seluruh destinasi wisatanya. Ideal untuk liburan keluarga maupun sendirian.

Berikut wisata di Banyuwangi yang sudah dibuka dan wajib dikunjungi.

Kawah Ijen

Api biru di Kawah Ijen ©Earth Porm

Andalan wisata di Banyuwangi yang terbilang paling memesona. Wisatawan akan disambut dengan indahnya panorama api biru dan kalderanya. 

Disertai kepulan asap yang siap menjadi lata belakang pemotretan. Keindahan alam kawah Ijen sangat cocok menghiasi pengalaman liburan Anda. Apalagi untuk menambah koleksi feed di Instagram. Namun ada hal penting yang harus Anda perhatikan.

Selama pandemi Covid-19, Bupati Banyuwangi dan Bupati Bondowoso meminta kapasitas pengunjung hanya setengah dari biasanya. Serta seluruh pihak harus mematuhi protokol kesehatan.Selain itu, kawah Ijen sementara waktu ini hanya menerima wisatawan domestik. Sementara wisatawan mancanegara belum diizinkan.

Hutan De Djawatan

Liputan6 ©2021 Merdeka.com

Wisata di Banyuwangi yang sudah dibuka di masa pandemi Covid-19 selanjutnya, yakni Hutan De Djawatan. Para wisatawan seakan diajak memasuki dunia fantasi. 

Hutan magis dengan pohon-pohon besar, memiliki bentuk unik bak di film Alice in Wonderland. Atau Anda tengah membayangkan masuk ke Hutan Fangorn dari film Lord of The Rings.

Tak perlu jauh-jauh ke Selandia Baru untuk merasakan sensasi kedua film tersebut. Cukup dengan bertandang ke Hutan De Djawatan di Desa Benculuk, Kabupaten Banyuwangi. 

De Djawatan merupakan hutan wisata dengan pohon-pohon raksasa. Diperkirakan tingginya lebih dari 10 meter. Hutan milik Perhutani ini termasuk dalam kategori hutan kecil. Karena luasnya hanya sekitar 3,8 hektar.

Bangsring Underwater

Wisata Bangsring Underwater Banyuwangi ©2019 Merdeka.com

Pesona keindahan bawah laut dari Bangsring Underwater, termasuk wisata di Banyuwangi yang sudah dibuka. Area konservasi terumbu karang ini memiliki luas sekitar 15 hektare. Suguh

an alam yang begitu menenangkan bukan?.

Sangat cocok bagi Anda yang suka menyelam. Kedalaman Bangsring Underwater bervariasi, mulai dari 2 hingga 15 meter. Tak perlu menyelam cukup dalam, Anda sudah bisa melihat cantiknya biota laut dan terumbu karang. Selain itu, Anda pun bisa mencoba tantangan di area renang bersama ikan hiu. Lalu memacu adrenalin di snorkeling, diving, dan memberi makan ikan-ikan laut liar.

4. Pantai Sukamade

Liputan6 ©2021 Merdeka.com

Wisata di Banyuwangi selanjutnya masih dengan nuansa laut. Pantai Sukamade layak jadi destinasi alam yang menyenangkan. Suguhan pemandangan indah di kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang eksotis.

Serta merasakan sensasi berbeda lain, seperti melihat berbagai jenis penyu. Pantai Sukamade merupakan habitat dan penangkaran penyu. Wisatawan bisa bergabung melihat proses penyu bertelur dan pelepasan anak penyu (tukik) menuju laut.

5. Pantai Pulau Merah

Tak kalah eksotisnya, pantai Pulau Merah juga memiliki suguhan alam yang luar biasa. Pulau kecil yang berada di Desa Sumberagung ini berhasil memikat banyak wisatawan.

Perpaduan kejernihan airnya bagaikan kristal, berpadu dengan pasir putih yang menghampar sejauh 3 kilometer. Saat air surut, pengunjung bisa berjalan kaki menikmati pulau kecil yang berada di tengah pantai.

6. Agrowisata Tamansuruh

Liputan6 ©2021 Merdeka.com

Wisata di Banyuwangi yang tak boleh dilewatkan ialah Agrowisata Tamansuruh. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan bunga warna-warni yang sangat indah. Bahkan bisa sekaligus belajar tentang tanaman holtikultura di sana.

Letak Agrowisata Tamansuruh di sekitar lereng Gunung Ijen. Membuatnya memiliki pemandangan dan suasana layaknya di pegunungan. Dari sini pengunjung bisa menikmati panorama kota Banyuwangi dan selat Bali dari kejauhan.

7. Mangrove Bedul

Wisata di Banyuwangi yang sudah dibuka berikutnya ialah Mangrove Bedul. Hutan ini terletak di Desa Sumbersari, Kecamatan Purwoharjo dan masih termasuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Hutan mangrove ini masih alami dengan luas sekitar 2.300 hektar yang membentang sejauh 16 kilometer. Bedul disebut-sebut mirip dengan Amazon di Brazil. Bahkan dijuluki sebagai Amazon-nya Indonesia. Jadi pastikan jangan sampai Anda lewatkan wisata di Banyuwangi yang satu ini.

Bukan tanpa alasan. Kemiripan dengan Hutan Amazon lantaran Mangrove Bedul membentuk rawa air payau. Panjangnya sekitar 18,8 kilometer dengan lebar sekitar 400 meter. Tepat di kanan dan kiri rawa, ada beragam jenis Mangrove atau Bakau yang tumbuh lebat.

Sensasi makin menantang dengan naik perahu mengelilingi rawa air payau. Sembari menikmati kicauan burung yang beterbangan di hutan.

Daftar Wisata di Banyuwangi Sudah Dibuka

Berikut daftar wisata di Banyuwangi yang sudah dibuka di masa pandemi Covid-19, dikutip dari Polresta Banyuwangi:Sembari menunggu beberapa destinasi wisata di Banyuwangi yang lain dibuka, Anda bisa mempersiapkan diri terlebih dulu.


Sumber: 7 Wisata di Banyuwangi yang Sudah Dibuka, Sambut New Normal & Wajib Dikunjungi Semua Halaman | merdeka.com



Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb . 





Post a Comment

0 Comments