Pengecekan Covid-19 dengan GeNose Berlaku di Stasiun Mulai 5 Februari

Stasiun kereta api Tawang Semarang(KOMPAS.com/istimewa)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberlakukan pemeriksaan Covid-19 menggunakan alat deteksi yang menggunakan sampel nafas, GeNose, mulai 5 Februari 2020 mendatang. GeNose merupakan alternatif pemeriksaan Covid-19 selain rapid test antigen. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, GeNose merupakan alat deteksi Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada yang telah mendapatkan persetujuan edar dari Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19.

"Jadi kita memang membuat tahapan-tahapan penggunaan GeNose itu. Mengapa kereta api? Kita tetapkan pada tanggal 5 Februari karena kereta api ini ada jarak-jarak tertentu," kata Budi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (24/1/2021).

Moda transportasi kereta api dipilih menjadi yang pertama untuk penerapan pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose karena harga tiket pada rute tertentu lebih murah dibanding harga rapid test antigen. 

"Karena kereta api ada jarak-jarak tertentu, katakan Jakarta-Bandung Rp 100.000, kalau mesti antigen Rp 100.000 lagi itu kan mahal, apalagi tarif bus yang lebih murah lagi, ada yang cuma Rp 40.000 - Rp 50.000," ujar Budi. 

"Tapi, dengan GeNose ini harganya hanya Rp 20.000. Apalagi kalau nanti dengan skala besar bisa lebih murah menjadi Rp 15.000, jadi lebih terjangkau. Kami sudah pesan 200 unit untuk 44 titik stasiun di seluruh Jawa dan Sumatera," tambahnya. 

Tak hanya moda transportasi kereta api, alat tes GeNose juga bakal diberlakukan bagi penumpang yang hendak menggunakan transportasi bus. 

"Kedua kita akan menjangkau juga tarif keberangkatan itu perjalanan itu murah yaitu bus. Tapi bus itu lebih murah lagi kalau misalnya itu keuntungan Rp 40,000, Rp 50,000. Oleh karenanya, untuk biaya pemerintah dan dilakukan dengan cara random sampling. Apa artinya? Kita akan sewaktu-waktu melakukan tes terhadap mereka yang akan berpergian secara random," ungkap Budi. (Nur Indah Farrah Audina)

Sumber: Pengecekan Covid-19 dengan GeNose Berlaku di Stasiun Mulai 5 Februari (kompas.com)


Join our webinar "Prepare Your Factory for WFH" pastikan kesiapan teknologi pabrik dalam mencapai transformasi digital di masa pandemi ini - 28 Jan 2021. Daftar segera di EventCerdas.com / https://s.id/epson28jan 


Post a Comment

0 Comments