New Normal Bukan Berarti Pandemi Telah Berakhir

(Dokumen Pribadi)
Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berupa sosialisasi mengenai pentingnya memperhatikan protokol kesehatan di era new normal kepada masyarakat Kampung Tangguh Kedung Baruk Rungkut Surabaya. Kegiatan dilakukan karena adanya beberapa warga yang kurang mematuhi protokol kesehatan, selain itu kegiatan dilakukan guna menumbuhkan rasa kewaspadaan sekaligus menghimbau masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran virus corona di era new normal.

“Masih ada beberapa warga Pondok Nirwana Kedung Baruk ini yang melakukan aktivitas diluar rumah tanpa memperhatikan protokol kesehatan seperti masker, mungkin karena beberapa masyarakat menganggap bahwa pandemi telah berakhir kemudian mereka merasa bahwa situasi ini sudah aman. Oleh karena itu sosialiasasi dirasa sangat penting untuk kembali menumbuhkan kewaspadaan masyarakat.” Ujar Januarsyah Pratama Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya dalam melakukan sosialisasi pada perangkat desa setempat.

Sosialisasi mengenai pentingnya protokol kesehatan di era new normal dilakukan di lingkungan Pondok Nirwana Kedung Baruk dengan cara sosialisasi dari rumah ke rumah yang dilakukan pada hari Kamis (23/12) pukul 16.00 WIB. Ssasaran sosialisasi tersebut yaitu warga Pondok Nirwana Kedung Baruk Rungkut Surabaya. Sosialisasi tersebut memberikan informasi mengenai sarana protokol kesehatan yang menunjang imunitas tubuh. Kegiatan juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, mencuci tangan sebelum memulai kegiatan serta Mahasiswa memberikan masker dan handsanitizer kepada masyarakat ketika sosialisasi berlangsung.
Sosialisasi ini mendapat dukungan dari beberapa warga setempat, karena sosialisasi secara langsung tatap muka baru ada pertama kali semenjak awal pandemi yang dilakukan oleh Mahasiswa “Semangat sosialisasinya, semoga tuhan selalu menyertai dan diberikan kelancaran untuk kegiatan ini” Ujar Tri Setiarto warga Pondok Nirwana.

Harapan dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat menerima informasi pentingnya protokol kesehatan di era new normal dan mengimplementasikan pada aktivitas sehari-hari sebagai transisi dari maraknya virus untuk menuju era kehidupan yang baru agar terhindar dari penyebaran virus. Semoga situasi ini segera berakhir sehingga masyarakat menjalani aktivitas seperti semua tanpa adanya ketakutan yang menyertai. (Januarsyah)

Post a Comment

0 Comments