Kegiatan Magang Menjadi Jurnalis di Tengah Pandemi

Liputan demo di depan kantor Gubernur Surabaya
1 Januari 2021. Gezza Darace adalah salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Melakukan kegiatan magang di semester 7 dengan dibimbing dosen bernama Drs. Jupriono, M.Si. Meskipun ditengah pandemi Covid-19 dengan gaya hidup new normal seperti ini, mahasiswa tetap melaksanakan program magang dengan melalui proses dan perjuangan yang cukup sulit untuk dilakukan dimasa pandemi.

Permasalahan didalam pandemi Covid-19 tahun 2020 ini juga menyebabkan susah untuk mencari perusahaan yang mau menerima mahasiswa magang, akan tetapi Radio Rakyat Indonesia (RRI) menerima mahasiswa magang dengan sistem WFH. Sehingga mahasiswa dapat melakukan program magang di RRI dengan baik walaupun tidak melakukan kegiatan magang langsung di perusahaannya.

Radio Republik Indonesia, secara resmi didirikan pada tanggal 11 September 1945. Usia RRI Surabaya hampir sama dengan usia Negara Republik Indonesia, hanya selisih satu bulan. Perusahaan RRI terdapat di berbagai provinsi. Mahasiswa ditempatkan di kantor RRI pusat kota Surabaya.

Dalam magang ini mahasiswa ditempatkan di divisi jurnalis karena sesuai dengan konsentrasi jurusan yang diambil, sehingga tidak terlalu sulit untuk memahami apa yang akan dikerjakan karena sesuai dengan bidang yang dipelajari dalam teori perkuliahan. Kegiatan magang ini dilaksanakan pada tanggal 01 Oktober 2020 s.d 06 November 2020.

Selama melaksanakan magang mahasiswa benar-benar mempelajari dan merasakan bagaimana menjadi jurnalistik sesungguhnya dalam dunia kerja yang melakukan liputan atau mencari berita langsung di lapangan. Selama kegiatan magang Gezza Darace ditugaskan untuk mencari berita atau kejadian yang sedang terjadi, mulai dari meliput demo, lalu mewawancarai narasumber, kemudian membuat artikel berita, dan juga mengabadikan momen foto dengan angle yang tepat untuk dibuat berita. Contoh salah satu tugas yang diberikan adalah meliput demo RUU KUHP atau aksi tolak cipta kerja di Grahadi, lalu membuat berita mengenai kondisi dan kejadian apa saja yang terjadi saat itu dan melakukan wawancara dengan narasumber mengenai tanggapan mereka.

Kegiatan magang ini diikuti Gezza Darace secara rutin dengan kegiatan unit operasional di hari Senin sampai Sabtu. Selama melaksanakan program magang ini mahasiswa tetap menaati protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, dengan tetap memakai masker, membawa handsanitizer, dan sebisa mungkin tetap menjaga jarak dengan orang lain. Mengingat mahasiswa melakukan aktivitas magang menjadi jurnalis yang langsung terjun di lapangan, maka harus tetap waspada dan menjaga kesehatan.

Selama melakukan program magang mahasiswa memperoleh banyak manfaat yang dapat diambil yaitu mendapat pembelajaran, dan mempunyai pengalaman di dunia kerja khususnya menjadi jurnalis yang terjun langsung ke lapangan. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan pengalaman lain yaitu dalam beradaptasi dengan lingkungan baru atau lingkungan kerja yang sebenarnya agar lebih disiplin dan dapat mengetahui apa saja kemampuan dan masalah didalam dunia kerja.

Post a Comment

0 Comments