Covid Bukan Penghalang Pelayanan Kependudukan di Malra

 
Waktu membaca :1menit dibaca normal

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Ach. Dahlan Tamher mengatakan, penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Malra bukan penghalang dalam pelayanan dokumen kependudukan bagi masyarakat yang di wilayah itu.

” Disdukcapil di tahun 2020 kan sudah New Normal, berarti kita hidup harus menyesuaikan dengan pandemi Covid-19. Jadi pelayanan tetap berjalan seperti biasa, yang penting masyarakat memperhatikan Protokol Kesehatan dengan rutin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.” kata Dahlan Tamher di Langgur, Sabtu (16/1/2021).

Lebih lanjut kata dia, Dokumen kependudukan merupakan hak bagi masyarakat sehingga perlu untuk diprioritaskan.

“Dokumen kependudukan itu hak penduduk sehingga tetap terlayani. Jadi tugas fungsi kami menerbitkan dokumen kependudukan yang terdiri dari KTP, KK, Akta, Catatan Sipil dan Pindah Data. Itu tugas pokok dan menjadi fokus utama Disdukcapil,” jelas Tamher.

Untuk pelayanan publik.Tamher menambahkan, Disdukcapil Malra tidak melakukan pembatasan pelayanan sehingga pihaknya meminta agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

” Disini kami memakai dua ruangan pelayanan. Ruangan sini (Kantor) dan ruangan Siran Loor (Ruang tunggu) diluar untuk masyarakat yang belum terlayani dapat duduk menunggu diluar,” ungkapnya.

Pelayanan dokumen kependudukan tidak bisa dibatasi, disebabkan wilayah tersebut masih dalam Zona kuning maka diharapkan masyarakat harus perhatikan Protokol Kesehatan.

“Kita juga diluar selalu menjaga itu dan mengingatkan untuk memakai masker sehingga tidak perlu sampai menimbulkan sebaran Covid yang lebih besar,” ucapnya.


Post a Comment

0 Comments