Sosialisasi Covid-19 Dalam Era New Normal

 


Wabah penyakit dari virus corona atau Covid-19 telah menjadi pandemi di Indonesia sejak bulan Maret 2020 lalu. Masyarakat sepertinya sudah tidak sabar lagi untuk menjalani kehidupan seperti dulu lagi sebelum adanya virus corona. Sehingga pemerintah mencari solusi dan alternatif lain supaya masyarakat bisa beraktifitas tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan. Pemerintah melakukan sosialisasi Covid-19 dalam menghadapi era New normal melalui jejaring sosial media dan juga melalui televisi, menurut presiden himbauan kepada masyarakat, agar mulai saat ini kita bisa hidup berdampingan dengan virus corona yang telah ada diseluruh dunia, sejak Maret 2020.

Hal ini mendorong kita untuk lebih aktif dalam menerapkan langkah pencegahan virus corona, seperti mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau bisa juga hand sanitizer, tidak menyentuh wajah dengan tangan sebelum mencuci tangan tersebut, serta tetap memakai masker dalam aktivitas di tempat umum.

Pemerintah memberlakukan kehidupan new normal, bukan berarti negara kita sudah terbebas dari virus corona, tetapi kita tetap waspada terhadap virus corona dan sebisa mungkin kita harus berdamai dengan virus tersebut.
Protokol kesehatan yang telah diatur oleh pemerintah, yaitu memakai masker jika keluar rumah, mencucci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, dan tetap menjaga jarak serta menghindari kerumunan harus tetap dijalankan.

Sejak diberlakukannya new normal aktivitas berjalan kembali meskipun tidak seperti dulu saat belum ada pandemi Covid-19 sebagian aktivitas dilakukan melalui daring bagi dunia pendidikan, sedangkan dunia perjual belian pun bisa dilakukan melalui belanja online.

Mengisolasi diri di rumah terus menerus, juga akan berdampak pada kehidupan bangsa dan negara, karena akan memperlambat laju pertumbuhan ekonomi, berdampak pada bidang sosial, dan juga pada pendidikan. Untuk itu masyarakat diharapkan harus bisa mulai beradaptasi dengan kebiasaan hidup baru atau disebut dengan hidup new normal life.

Tujuan dari new normal ini adalah agar masyarakat tetap produktif dan aman dari penularan Covid-19 serta tetap dapat hidup beraktivitas kembali meskipun belum 100% dengan normal. Berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu kita ketahui saat menjalani hidup new normal yaitu sebagai berikut:

  • Saat ke luar rumah dan kembali lagi ke rumah
  • Buka alas kaki sebelum masuk rumah, semprotkan dulu disinfektan dan peralatan yang kita pakai.
  • Cuci tangan menggunakan sabun pada air yang mengalir.
  • Mandi dan berganti pakaian bersih sebelum kita bersantai dengan keluarga.

Sewaktu menggunakan transportasi umum

Saat kita keluar rumah dan berpergian, untuk memudahkan kita dalam menjaga kebersihan tubuh dan terhindar dari kuman serta virus, bawalah selalu hand sanitizer kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana dan bisa dimasukkan ke dalam tas. Dan juga jangan lupa jaga jarak, hindari kontak fisik dengan penumpang sebelah.

Ketika berbelanja di pasar

  • Hindari untuk memegang benda-benda di sekitar kita secara berlebihan.
  • Tidak perlu berlama-lama dalam berbelanja
  • Belanja secukupnya, perlu dicatat hal-hal yang penting saja yang dibeli.

Ketika berbelanja online

  • Hindari kontak langsung dengan kurir, dan tetap memakai masker.
  • Minimalkan untuk membayar belanja dengan non tuanai atau lebih baik ditranasfer, untuk menghindari
  • kontak langsung dengan kurir.
  • Sebelum membuka bungkusan atau paketan cuci tangan terlebih dahulu.

sumber: https://www.patinews.com/sosialisasi-covid-19-dalam-era-new-normal/


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

poster_DNA%2BARTIFICIAL%2BINTELLIGENCE

Post a Comment

0 Comments