Jambi Terbitkan Pergub Pedoman New Normal Hadapi COVID-19

 

Pjs Gubernur Jambi, Ardy Daud didampingi Jubir Satgas Penganangan COVID-19 Provinsi Jambi, Johansyah saat diwawancarai awak media. Foto: Hms

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Jambi No. 35 tahun 2020, tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19 di Provinsi Jambi.

Hal tersebut, sesuai dengan instruksi Presiden No. 6 tahun 2020, yang mengamanatkan agar pemerintah daerah mengatur dan mengawasi terkait ketaatan masyarakat terhadap pelaksanaaan protokol kesehatan COVID-19.

Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Restuardy Daud mengatakan bahwa, masyarakat Jambi harus melakukan perubahan pola hidup dengan tatanan dan adaptasi kebiasaan baru agar dapat hidup produktif dan terhindar dari penularan COVID-19.
Menurutnya, risiko pergerakan orang dan berkumpulnya masyarakat pada tempat fasilitas umum, memilikin potensi penularan COVID-19 yang cukup besar. Agar perekonomian tetap dapat berjalan diperlukan mitigasi dampak pandemi COVID-19, khususnya di tempat dan fasilitas umum.

"Masyarakat harus melakukan perubahan pola hidup dengan tatanan dan adaptasi kebiasaan yang beru (New Normal) agar dapat hidup produktif dan terhindar dari penularan COVID-19. Kedisiplinan dalam menerapkan prinsip pola hidup yang lebih bersih dan sehat merupakan kunci dalam menekan penularan COVID," kata Ardy Daud, Rabu (25/11).

Dalam rangka terlaksananya rencana pembangunan jangka panjang nasional, SDM merupakan subjek penting dalam pembangunan, sedangkan saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi tantangan yang mengharuskan SDM beradaptasi dengan situasi pandemi COVID-19.

"Tanpa upaya yang signifikan, kecenderungan kesakitan dan kematian serta permintaan pelayanan kesehatan akan terus meningkat. Untuk itu, saya minta kepada seluruh OPD dan masyarakat Jambi untuk dapat mendukung dan melaksanakan protokol kesehatan untuk berperi laku sehat, yang menjadi tanggung jawab bersama," jelasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi Raflizar mengatakan, akhir-akhir ini kasus positif COVID-19 di Provinsi Jambi terus bertambah dan meningkat tajam mencapai 40 kasus per hari, dan perlu diantisipasi bersama.

”Pemprov Jambi bersama Satgas COVID-19 terus berupaya sekuat tenaga untuk melakukan upaya-upaya penanganan penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat, sudah banyak yang kita lakukan, tapi belum begitu maksimal, perlu kebersamaan kita dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar Raflizar.

Tujuan dilaksanakan sosialisasi Pergub No. 35 tahun 2020, tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 dengan menerapkan hidup bersih dan sehat, serta memilki kesadaran mematuhi protokol kesehatan COVID-19 serta mewujudkan masyarakat produktif dan aman COVID-19.


sumber: https://kumparan.com/jambikita/jambi-terbitkan-pergub-pedoman-new-normal-hadapi-covid-19-1uewPO66Euj/full


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

Post a Comment

0 Comments