SMK Kembali Buka, KPAI Minta Sekolah Siapkan Infrastruktur New Normal

 

Jakarta, Beritasatu.com - SMK kembali dibuka karena para siswa membutuhkan praktik di bengkel atau laboratorium sehingga membutuhkan pertemuan tatap muka (PTM). Namun sebelum dibuka, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan, Retno Listyarti meminta pihak sekolah mempersiapkan infrastruktur adaptasi kebiasaan baru (AKB) new normal di satuan pendidikan. Sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan atau standar operasional prosedur (SOP) AKB.

"Di masa pandemi, praktik bisa tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan di tempat kerja atau di tempat siswa praktik. Biasanya, industri, hotel, restoran, dan lainnya sudah memiliki protokol kesehatan atau SOP yang ketat," kata Retno Minggu (8/11/2020).

Menurut Retno, sebelum SMK kembali dibuka, sebaiknya wajib melakukan simulasi terlebih dahulu. Selain itu, jumlah siswa mengikuti praktik dibatasi. KPAI juga mendorong diadakan swab test kepada seluruh guru SMK yang akan PTM, dan dibiayai pemerintah daerah.

Retno menyebutkan, meski SMK dibuka, namun tidak bisa masuk setiap hari karena ada pembatasan jumlah pekerja sesuai aturan pemerintah. Dengan begitu, kegiatan PKL atau magang masih aman di tempat kerja.

Retno menegaskan, pembukaan sekolah harus mengandung prinsip lima siap, yakni daerah siap, sekolah siap, guru siap, orang tua siap, dan anak siap. “Kalau salah satu enggak siap, maka tunda buka sekolah. Jangan sampai sekolah menjadi klaster baru," ujarnya.

Retno menuturkan, berdasarkan hasil pengawasan KPAI di beberapa SMK menunjukkan bahwa sekolah cenderung memiliki kesiapan AKB dibandingkan SMP dan SD. Namun khusus untuk tempat praktik seperti bengkel dan laboratorium, KPAI menemukan banyak kelemahan dalam penyiapan infrastruktur seperti tempat cuci tangan, cairan desinfektan untuk membersihkan peralatan yang sudah digunakan, dan lainnya.


sumber: https://www.beritasatu.com/whisnu-bagus-prasetyo/nasional/696281/smk-kembali-buka-kpai-minta-sekolah-siapkan-infrastruktur-new-normal

Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

banner_TREN2021%2BSOCIETY%2B5.0

Post a Comment

0 Comments