Edukasi New Normal, Mahasiswa KKN Latih Warga Wahyu Asri Racik Hand Sanitizer

 

KKN UIN Walisongo menyelenggarakan pelatihan pembuatan hand sanitizer di perumahan Wahyu Asri, Tambak Aji Ngaliyan Semarang, Minggu (26/10/20).

SEMARANG - Sejumlah 15 mahasiswa UIN Walisongo yang tergabung dalam KKN RDR menyelenggarakan pelatihan pembuatan hand sanitizer di Perumahan Wahyu Asri, Tambak Aji Ngaliyan Semarang, Minggu (26/10/20).

Pelatihan ini ditujukan sebagai upaya dalam penaggulangan virus corona untuk terus digalakkan.

Mengingat kondisi New Normal yang saat ini telah diterapkan.

“Sebagai upaya untuk terus mengingatkan masyarakat dalam kondisi pandemi, agenda ini kami laksanakan sebagai salah satu upaya akan pentingnya menjaga kebersihan dengan terus memperhatikan penggunaan hand sanitizer sebagai langkah taktis dan praktis ketika berada di luar rumah,” kata Galih.

Kegiatan ini mengundang masyarakat sekitar dengan sistem delegasi yang terdiri dari delapan RT di wilayah RW 06 dan ibu–ibu PKK yang berada di sekitar perumahan tersebut.

Kegiatan ini cukup mendapat sambutan baik di awal karena dinilai tepat dan kreatif.

“Agenda semacam inilah yang diharapkan, karena belum pernah ada sebelumnya, lebih lebih inisiatif dari pengurus RT maupun RW untuk menyelenggarakannya,” ungkap Agus Haryono, ketua RW 06.

Pembuatan hand sanitizer ini memanfaatkan bahan kimia yang terdiri dari alkohol sebagai bahan utama yang berfungsi dalam membunuh virus dan bakteri, aquadest, gliserol, dan esensial oil.

Acuan komposisi yang digunakan oleh para mahasiswa dalam memberikan pelatihan ini adalah standar yang ditetapkan WHO dalam pembuatan handsainitazer.

“Pelatihan ini kami berikan sebagai salah satu wujud praktek sekaligus teori yang telah dipelajari di kampus, dan alhamdulillah hasilnya telah teruji laboratorium,” tutur Gita salah satu pemateri pelatihan.

Selama pelatihan para peserta begitu antusias dalam menyimak pemaparan yang diberikan.

Beberapa pertanyaan dilontarkan terkait teknis dan bahan – bahan dasar pembuatan handsainitazer.

“Adanya pelatihan ini merupakan pengalaman baru, saya berharap dengan adanya pelatihan ini dapat mengedukasi setiap warga dan selanjutnya dapat ditularkan kepada yang lain,” imbuh salah satu warga.

Kegiatan ini tidak hanya sebatas penjelasan teori, namun sekaligus praktek pembuatannya.

Hasil dari hand sanitizer yang sudah jadi dan siap digunakan kemudian dibagikan kepada warga setempat. (*)


sumber: https://jateng.tribunnews.com/2020/11/07/edukasi-new-normal-mahasiswa-kkn-latih-warga-wahyu-asri-racik-hand-sanitizer

Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

banner_TREN2021%2BSOCIETY%2B5.0


Post a Comment

0 Comments