Digitalisasi Pasar Rakyat, Adira Finance Ajak Masyarakat Hidupkan Kembali Pasar di Era New Normal

© Adira


 Di tengah pandemi Covid-19 ini, pasar adalah salah satu yang mengalami dampak besar karena biasanya jual-beli dilakukan dengan tatap muka langsung. Peduli pada pedagang dan ekosistem pasar rakyat, Adira Finance melalui Adira Finance Syariah bekerja sama dengan menggelar program CSR bertajuk Festival Pasar Rakyat (FPR) 2020 dari November hingga Desember 2020, bekerjasama dengan Gerakan Pakai Masker (GPM) dan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (ASPARINDO).

"Sejalan dengan tagline 'Sahabat Setia Selamanya' dan dalam rangka HUT Ke-30 Adira Finance, FPR 2020 akan menjadi saluran untuk memberikan edukasi mengenai protokol kesehatan, sekaligus mempersiapkan masyarakat pasar rakyat menuju era digital sebagai adaptasi kebiasaan baru. Hal ini juga sebagai upaya mendorong ekosistem pasar rakyat untuk bangkit dan terus berkembang di masa pandemi," ungkap Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi, dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, ditulis Sabtu (7/11).

Mengangkat tema besar #BangkitBersamaSahabat, FPR 2020 mempunyai misi untuk meningkatkan pemahaman para pedagang, mengenai pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan di lingkungan pasar rakyat, dan digitalisasi di pasar melalui program edukasi, pelatihan dan pendampingan. Hal ini diperlukan agar usaha yang mereka jalankan dapat bertahan dan berkembang sebagai bentuk adaptasi teknologi, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Bentuk edukasi kesehatan yang diberikan pada program FPR 2020 adalah terkait pencegahan Covid-19 pada 30 pasar yang tersebar di 6 kota Indonesia (Jakarta, Tangerang Selatan, Cirebon, Yogyakarta, Aceh dan Makassar), dengan cara membagi-bagikan masker kepada ekosistem di pasar rakyat.

"Jika masyarakat, termasuk mereka yang berdagang di pasar rakyat disiplin memakai masker dengan benar dan protokol kesehatan lainnya, yaitu jaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, maka kita bisa mengendalikan pandemi. Bahkan jika di masa-masa mendatang, jika ada pandemi lagi, dan ini suatu keniscayaan, masyarakat sudah lebih siap. Karena masyarakat sudah memiliki budaya pakai masker dan hidup lebih sehat," ungkap Sigit.

Selain edukasi kesehatan, terdapat juga rangkaian pelatihan melalui webinar yang digelar secara berkesinambungan untuk peserta di 6 kota, dengan tema 'Yuk, Berdagang Secara Online'. Tema ini dibuat untuk memberikan sudut pandang kepada pedagang dan ekosistem di pasar mengenai pentingnya pemahaman akan sarana berdagang secara digital / online.

Di samping acara yang menargetkan pedagang dan ekosistem pasar rakyat, Festival Pasar Rakyat 2020 juga menggelar lomba fotografi dan menulis kreatif dengan tema 'Keberagaman di Pasar Rakyat #BangkitBersamaSahabat'. Lomba digelar untuk mengajak partisipasi masyarakat lewat foto dan karya tulis, agar turut mendukung keberadaan pasar rakyat di Indonesia, khususnya saat ini karena terdampak pandemi Covid-19.

Untuk lomba fotografi, akan digelar secara virtual sehingga peserta dapat mengembangkan kreativitas mereka dengan cara meng-capture foto dari video kondisi pasar rakyat yang akan disebar melalui channel Youtube Adira Finance. Sementara lomba menulis digelar khusus buat teman-teman media, sehingga bisa mengajak masyarakat melalui karya tulisnya agar turut mendukung keberadaan pasar rakyat di Indonesia.


sumber: https://plus.kapanlagi.com/digitalisasi-pasar-rakyat-adira-finance-ajak-masyarakat-hidupkan-kembali-pasar-dengan-era-new-normal-18496f.html

Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

banner_TREN2021%2BSOCIETY%2B5.0

Post a Comment

0 Comments