Dengan Gerakan Ini Indonesia Yakin Bantu Pulihkan Pariwisata

 

WISATAWAN bermain dengan rusa di Rancaupas, Rancabali, Kabupaten Bandung /SARNAPI/

Dunia pariwisata mulai menggeliat kembali setelah dihantam badai pandemi Covid-19. Bagi Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, Gerakan Bersih Indah Sehat Aman (BISA) yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi salah satu upaya efektif untuk memulihkan sektor pariwisata.

"Badai pandemi telah memukul sektor ekonomi andalan devisa negara ini sehingga perlu usaha untuk membangkitkan lagi. Semoga kalau pariwisata bangkit lagi Kan menjadi obat bagi masyarakat pelaku di lokasi wisata,” kata Fikri dalam pernyataannya, Minggu, 23 November 2020.

Dia menambahkan, pandemi telah membawa Indonesia ke dalam jurang resesi ekonomi.  “Banyak pihak sudah bilang kita masuk resesi, minus pertumbuhan sudah 5,2 persen. Pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor penyumbang devisa dan Produk Domestik Bruto negara," katanya. 

Pariwisata sudah jadi andalan devisa nomor dua setelah CPO, bahkan bisa jadi bila digabung dengan sektor ekonomi kreatif menjadi nomor satu. Sehingga, ambruknya sektor pariwisata telah memperburuk kondisi resesi ekonomi yang dihajar pandemi covid 19. 

“BISA ini merupakan rintisan bagi pelaku sektor wisata di daerah untuk bangkit, bagaimana menyiapkan lokasi wisata sesuai adaptasi kebiasaan baru (new normal) agar senantiasa mematuhi protokol Kesehatan,” tambahnya.

Karena pariwisata tidak dipungkiri menjadi penyambung nafkah bagi mayoritas masyarakat terutama di daerah wisata.  “Saat ini menjadi saat yang tepat untuk memperbaiki mindset dan standar tempat wisata yang aman, terutama agar tidak menjadi klaster baru Covid,” ujar Fikri.

Sementara Direktur Pengendalian Kebijakan Strategis Kementerian Parekraf RI, Hasan Abud menilai ekonomi di destinasi wisata tidak mungkin berhenti stagnan terus menerus karena pandemi. 

“Sebagian daerah sudah bertahap dibuka, ada yang 50 hingga 75 persen agar tetap berjalan, pada dasarnya BISA untuk meningkatkan value destinasi wisata di masa pandemi ini agar turis tetap nyaman dan merasa aman berkunjung,” kata dia.***


sumber: https://jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/pariwisata/pr-101997035/dengan-gerakan-ini-indonesia-yakin-bantu-pulihkan-pariwisata


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

Post a Comment

0 Comments