Tidak Lupa Corona, Ini Starter Pack Ala New Normal.

ilustrasi pengguna masker. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) mulai diselenggarakan di beberapa kota dan kabupaten di Indonesia. New Normal adalah perubahan perilaku masyarakat agar tetap menjalankan aktivitas normal dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Penerapan Adaptasi Kebiasaan baru perlu dilakukan mengingat sudah empat bulan banyak orang yang melakukan segala aktivitasnya dari rumah. Mulai dari bekerja, belajar, belanja, olahraga hingga ibadah pun harus dilakukan dari rumah. Kebijakan tersebut terus dilakukan guna mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Terlalu lama di rumah ternyata menyebabkan kejenuhan atau rasa bosan. Rasanya semua kegiatan sudah dicoba dilakukan dari rumah. Hingga membuat beberapa orang kehilangan rasa takut dan menganggap bahwa virus corona ‘biasa saja’. Sudah mulai banyak orang yang berkeliaran di luar untuk menghilangkan rasa penatnya selama di rumah. Ketidakdisiplinan tersebut pun memicu angka bertambahnya pasien positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Data dalam laman covid19.go.id pada 8 Juli 2020 telah mengkonfirmasi sebanyak 68.079 orang terjangkit Covid-19 di seluruh wilayah di Indonesia. Pembagiannya, sebanyak 31.585 dinyatakan sembuh dan 3.359 orang meninggal dunia. Dalam sehari data positif orang yang terjangkit covid-19 naik sebanyak 1.853 orang pada 8 Juli 2020 (sumber Kementerian Kesehatan).

Sejak diberlakukannya New Normal di beberapa daerah di Indonesia. Sejumlah aktvitas masyarakat baik di tempat ibadah, perkantoran, restoran, pasar serta pusat kegiatan lain mulai dibuka secara bertahap. Pembukaan tempat-tempat tersebut tetap mewajibkan untuk orang-orang memperhatikan protokol kesehatan dan kapasitasnya pun hanya sebanyak 50 persen. Lain halnya dengan kegiatan di sekolah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang menyiapkan skenario belajar dari rumah hingga akhir tahun 2020.

Sampai kapan fase new normal akan berlangsung? Belum ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut. Pasalnya WHO (world health organization) pun sudah menganjurkan kita untuk hidup berdampingan dan menyesuaikan diri dengan virus corona karena sampai sekarang belum ditemukan vaksin untuk virus ini. Yang dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat yaitu bertansformasi dengan tatanan kehidupan dan perilaku baru sesuai dengan anjuran pemerintah.

Selain dengan menjaga jarak sosial dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain dan berolahraga secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh, ada beberapa hal atau starter pack yang harus disiapkan untuk menghadapi new normal. Starter pack ini berguna untuk melindungi diri kita di saat beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum yang penuh dengan banyak orang.

Agar aktivitasmu tetap produktif dan berjalan lancar selama di luar rumah, kamu perlu siapkan starter pack berikut ini. Apa aja sih yang harus disiapkan? Yuk kita simak!

Masker

Barang yang satu ini tidak boleh ditinggalkan saat berpergian keluar rumah. Sedekat apapun jaraknya harus tetap digunakan. Karena salah satu indikasi transmisi virus Covid-19 adalah percikan (droplet) saluran pernapasan. Percikan ini dihasilkan saat seseorang batuk atau bersin. Setiap orang yang berada dekat dalam radius 1 meter dengan orang yang menunjukkan gejala seperti batuk dan bersin beresiko terpapar infeksi virus. Walaupun tidak bisa menangkal virus sepenuhnya tetapi masker bisa digunakan sebagai perlindungan diri terhadap penularan virus corona.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Purtanto menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker kain. Sebab, masker bedah dan masker N95 hanya digunakan untuk petugas kesehatan. Nah, meski masker ini bisa dicuci dan dipakai kembali, masker kain sebaiknya tidak dipakai lebih dari 4 jam (sumber : halodoc). Hal tersebut dikarenakan bahan yang digunakan masker kain lebih mudah menyerap air ketimbang masker kesehatan lainnya. Jadi jangan lupa untuk membawa masker cadangan ya!

Saat ini sudah banyak masker yang tesedia dengan berbagai motif yang unik dan stylish. Motifnya bisa disesuaikan dengan gaya dan karakter setiap orang. Influencer, artist, design creator, penyanyi, dan seniman pun berkumpul untuk ikut memberikan desainnya ke organisasi masker untuk Indonesia di Instagram @maskeruntuk.id. Dengan begitu masker dapat menjadi salah satu fashion item disaat new normal untuk melengkapi OOTD (outfit of the day) kamu loh!

Hand Sanitizer

Selanjutnya adalah Hand Sanitizer. Siapa sih yang tidak tahu tentang barang yang satu ini? Keberadaanya sempat susah dicari pada beberapa waktu yang lalu namun kini sudah banyak stock yang tersedia di berbagai tempat perbelanjaan. Lebih baiknya sih kalau kita langsung cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir ya. Tetapi salah satu starter pack ini dapat dibawa saat kita berpergian keluar bentuknya yang kecil menjadikannya efisien dan efektif untuk menjaga kebersihan tangan. Gunakan hand sanitizer setelah kamu melakukan sesuatu untuk menjaga tangan agar tetap bersih dan higienis. Jadi, jangan lupa dibawa saat berpergian ya.

Alat Makan dan Minum Pribadi

Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa salah satu indikasi transmisi virus Covid-19 adalah percikan (droplet). Alat makan pribadi yang dipakai bersama-sama pun rentan dengan penyebaran virus Covid-19 yang bersumber dari air liur. Dengan membawa sendiri alat-alatnya, kamu bisa makan dam minum dengan lebih aman dan higienis.

Helm

Nah buat kamu yang sering menggunakan jasa ojek online, disarankan untuk membawa helm dari rumah. Karena helm yang biasanya kita dapatkan bisa saja habis dipakai oleh orang lain yang bisa saja sudah terkontaminasi oleh virus. Oleh karena itu, jangan lupa bawa helm pribadi ya, agar terjaga dari virus Covid-19. Agak ribet gapapa ya? Kan untuk menjaga kesehatan diri kamu juga.

Face Shield

Akhir-akhir ini sudah banyak orang yang memakai face shield dimana-mana. Alat ini dapat melindungi seluruh wajah kita karena tertutup hingga bawah dagu. Tidak hanya petugas kesehatan yang memakai alat satu ini, melainkan sudah banyak orang dewasa sampai anak kecil yang memakainya. Tidak kalah dengan masker, face shield pun hadir dengan motif yang menarik.

Tisu Basah dan Kering

Didalam tisu basah terdapat kandungan alkohol untuk membersihkan permukaan pada benda-benda mati seperti laptop, mesin ketik, mouse komputer, dan benda-benda yang biasanya kamu sentuh saat melakukan aktivitas. Ada baiknya untuk dibersihkan terlebih dahulu dengan tisu basah ya.

Selain tisu basah, jangan lupa untuk selalu membawa tisu kering. Tisu kering dapat digunakan saat kamu lupa membawa hand sanitizer dan tidak sempat mencuci tangan. Selain itu gunakan tisu kering sebelum kamu ingin menyentuh area wajah. Pilih tisu kering dengan tekstur yang halus dan lembut agar kulit tidak terkena iritasi.

Nah itu tadi hal-hal atau starter pack yang dapat siapkan ketika beraktivitas di era new normal. Jangan lupa disiapkan dari jauh-jauh hari, agar tetap terhindar dari penularan virus Covid-19. Ayo kita sama-sama saling mengingatkan dan tetap menjaga semangat untuk berproduktivitas!


sumber: https://www.ayocirebon.com/read/2020/07/10/5907/tidak-lupa-corona-ini-starter-pack-ala-new-normal


Ayo Ikuti Event Online Bersama APTIKNAS. silahkan Cek di Eventcerdas.com

Post a Comment

0 Comments